Bung Skalaras yang budiman:

Ada beberapa macam teori filsafat yang coba
menerangkan adanya "kejahatan". Ada yang mengatkan
bahwa "kejahatan" itu adalah bagian dari keselurahan
yang baik, yang menambah kebagusannya seperti bagian
bagian yang gelap gelap  menyumbang atau menambah
kebagusan suatu pigura yang cemerlang. Disini
kejahatan dipahami sebagai dari sistem sendiri (bagian
hakiki). Ada yang mengatakan bahwa "kejahatan" itu
khayal, illusi belaka. Yang ada yalah kebaikan saja.
Kejahatan ialah keadaan bila tidak ada kebaikan.
Misalkan Acquinas menganggap jahat timbul bila ada
kekurangan kebaikan, seperti buta itu karena mata
kekurangan daya lihat.
Ada pula konsep yang menganggap kejahatan itu karena
bisikan iblis. Yang belakangan ini bukan hasil
pemikiran filsafat tetapi pikiran orang biasa. Umumnya
lebih dianut oleh orang yang percaya pengaruh
kejahatan sebagai kekuasaan supernatural dari luar .
Adapula yang dikatakan oleh Bung Hardinoto orang Asia
timur (non-confusius) banyak yang percaya pada hukum
karma, karena takdir kejahatan timbul dalam manusia.(
Adapula yang anggap hal itu karena kodrat Allah).
Peter Liem

--- RM Danardono HADINOTO <[EMAIL PROTECTED]>

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM