Apa beda pengucapan baihua dan wenyan? Terima kasih atas penjelasan
dari saudara-saudara.
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, King Hian <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> encoding unicode utf-8
> Liang Dezeng (梁德增) bahasa Hokkian adalah Nio Tek Ceng (dialek
Zhangzhou), dalam dialek Xiamen dan Quanzhou dibaca: Niu Tik Cing.
> -> de: kebajikan, bermoral, luhur
> -> zeng: bertambah
>

> Bahasa Hokkian mengenal dua pengucapan: baihua dan wenyan. Untuk
nama umumnya digunakan pengucapan wenyan. Huruf 'de' dan 'zeng' di
sini, kebetulan mempunyai pengucapan wenyan dan baihua yang sama.
> Sedangkan untuk sne (marga), sebagian besar menggunakan pengucapan
baihua. Sne 'Liang' jika diucapkan secara wenyan adalah 'Liang'
(dialek Zhangzhou) dan 'Liong' (dialek Xiamen dan Quanzhou).

> salam,
> KH
>
> Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Stevan Nio menulis :
>
> Kalau Liang De Zeng dalam bahasa Hokkien bacanya bagaimana?? Kalau
> Liang dibaca Nio, De dibaca Tek, apa benar? Tapi saya tidak tahu Zeng
> dibaca apa? Zeng disini artinya "bertambah". Terima kasih sebelumnya.
>

> Rinto Jiang :
>
> Cheng (dibaca ceng). De-nya kamu kalo De yang luhur, atau De yang
Jerman baru dibaca Tek.

> Cheng ini yang baihua, artinya dalam percakapan sehari2, harus tanya
ama Kwa-heng apa lafal klasiknya. Soalnya kadang nama itu disuarakan
dengan nada klasik.