Perdebatan agama yang terjadi disini dalam konteks ini, memang melebar, memanas, dan sering berkembang menjadi tidak logis. Yang terakhir, yang tidak logis karena asal jawab, memang amat membosankan. Tetapi kalau perdebatan berjalan dengan logis, meskipun panas tetap bisa dinikmati.
Jadi saya akan merasa sangat kehilangan apabila beberapa topik perdebatan diharamkan disini karena menyangkut sara maupun politik. Seperti yang disebutkan oleh bung Akhmad BS mengenai masalah jargon nasakom jiwaku dan nasakom bersatu, saya masih terlalu kecil saat itu untuk bisa beropini. Demikian juga perbedaan doktrin (ideologi) yang dipertentangkan antara Baperki dan LPKB, saya bisa tahu dari milis ini juga. Jadi menurut saya selama masih ada kaitannya dengan masalah tionghua di tanah air biar perdebatan terus berjalan, "penonton" dan admin biar jadi wasitnya.

Han

----- Original Message -----
Sent: Thursday, May 05, 2005 12:45 AM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Topik agama, pembauran dan pernikahan lintas agama (Pernikahan: Hukum Agama Vs Hukum Negara)

Sebetulnya Nana lauwtee ada betulnya.

Memang Rinto congkoan bilang agama, pembauran dan kawin lintas agama boleh dibahas sepanjang masih ada hubungannya dengan ke-Tionghoa-an.
Tetapi ke-Tionghoa-an di milis ini hendaklah betul-betul dalam konteks kebudayaan Tionghoa.

Soal agama, sejak awal milis ini, selalu disajikan dalam bentuk memancing perang agama. Lagi pula pembahasan agama yang betul-betul tidak memancing perang agama dan dengan yang provokasi, bedanya tipis sekali.
Jadi sebaiknya, seperti sejak awal milis ini telah loohoe usulkan, soal agama dihindari pembahasannya di milis ini.

Soal pembauran, karena istilah ini, bersama istilah "asimimilasi" sempat menjadi jargon yang saling k ontradiktif di jaman Orla antara pihak komunis dan anti komunis, maka pembahasannya selalu menjadi perdebatan politis yang memanas.
Memang di jaman sekarang kita tidak bisa merasakan perbedaan misalnya antara jargon "nasakom bersatu" dengan "nasakom jiwaku". Tetapi di jaman itu orang bisa saling berbunuhan memperdebatkan kedua jargon itu. Begitu pula, antara Baperki dan LPKB dirasakan generasi sekarang sepertinya hanya perbedaan antara PITI dan INTI misalnya. Tetapi keturunan tokoh2nya di jaman itu, nyatanya sampai sekarang masih menyandang "dendam turunan".
Jadi sebaiknya soal pembauran, kalau konteksnya bukan betul-betul soal kebudayaan Tionghoa, juga tidak perlu dibahas

Soal kawin lintas agama (bukan kawin lintas suku lho), karena di masyarakat Indonesia selama beberapa tahun ini menjadi topik pertengkaran yang 'panas' pada berbagai strata, ya pemerintahan, ya legislatif, ya kalangan ulama, ya masyarakat awam, maka juga sebaiknya dihindari.
Kecuali yang betul-betul menyangkut soal kebudayaan Tionghoa, misalnya kawin lintas agama yang terjadi di Tiongkok atau Singapura, dan semacamnya.

Sudah cukup banyak contoh di mana moderator akhirnya menghunus poo kiam-nya, memotong diskusi yang melebar nggak karuan pada ketiga topik itu. Cukuplah itu!

Wasalam.

Sent: Wednesday, 04 May, 2005 14:44

Tentu saja ke-3 macam topik tersebut diperbolehkan di milis dengan catatan masih ada hubungannya dengan ke-Tionghoa-an di Indonesia. Kekisruhan terjadi bila ajaran agama dan iman mulai dicampuradukkan dengan realita sosial kemasyarakatan. Satu lagi yaitu apabila opini subjektif dan pendapat pribadi tidak dapat diperbedakan dengan jelas dari fakta2 objektif.

Sama dengan Bambang-xiong, paman2 saya itu juga contoh yang baik dari pembauran alamiah, artinya tidak dipaksa2kan oleh sistem atau kekuatan dari luar. 3 paman saya beristrikan 2 suku Jawa dan 1 suku Batak.

Rinto Jiang