Kang-heng,

Tan Hu Cin-jin (Chen Fu Zhenren), seperti juga Tek Hai Cin-jin (Ze
Hai Zhenren) di pantura Jawa, adalah tokoh lokal yang kemudian
dihormati di beberapa kelenteng di ujung timur Jawa dan di Bali.
Dengan demikian tokoh ini tidak dapat ditemui di Tiongkok maupun di
Taiwan.

Ini terbukti dari Riwayat Tan Hu Cin-jin yang ditulis oleh Hindra
Suarlim, yang dikutip oleh Jayasentosa-bali-heng tersebut. Lagipula
Tan Hu Cin-jin adalah "kong-cou" (laki-laki), sedangkan Tan Hu-jin
(Cu Seng Nio-nio) adalah "mah-cou" (perempuan).

Tokoh lokal lainnya konon adalah Tan Oei Djie Sian-seng (Chen Huang
Er Xiansheng) di kelenteng-kelenteng Juana, Kudus, Rembang dan Lasem.
Kedua "kong-cou" ini adalah pejuang Tionghoa pada waktu Geger Pacina,
yakni perlawanan gabungan orang Tionghoa dan Jawa melawan VOC,
setelah Tragedi Pembantaian Angke di Batavia (Ang-khe Tai Tou-sat
Cham-an tahun 1740).

Kiongchiu,
DK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> Makasih atas koreksi dan tambahan dari Sdr. Xuan Tong dan Sdr. Jaya
> Sentosa. Bila yang dimaksud Tan Hu Jin Yin oleh Sdr. David itu
adalah
> dewi, maka Zhu Sheng Niang Niang (Tan Hu Jin) saya kira sangat
> mendekati, karena Tan Hujin memang menjadi dewi utama di banyak
> kelenteng di Taiwan dan Fujian. Namun bila adalah dewa, maka
pastilah
> bukan Tan Hujin, melainkan yang dikutip oleh Sdr. Jaya tadi adalah
lebih
> mendekati.
>

> Rinto Jiang

dan yang