JG menulis :

Tempo hari waktu saya ke Hongkong saya lihat pabrik tekstil tempat
kuku saya bekerja dulu sudah tutup (lebih tepatnya direlokasi ke
Tiongkok) demikian juga pabrik2 tekstil yg lain. Dengan outsourcing
ke Tiongkok yg tentu saja artinya upah buruh yg relatif lebih rendah
sangat banyak, tentu saja tingkat labour productivity menjadi jauh
lebih tinggi. Belum lagi dengan bahan baku dan faktor lainnya
seperti biaya property yg jauh lebih murah, maka tidak mengherankan
bila industry tekstil Tiongkok merajai dunia. Itu adalah suatu
kenyataan yg tidak bisa dibantah, bagi negara maju seperti Amerika
misalnya hal itu justru dimanfaatkan dengan outsourcing ke Tiongkok.
Salah satu perusahaan terbesar disana, Wal-Mart, sekitar 80%
productnya import dari Tiongkok. Sementara Amerika lebih
berkonsentrasi menguasai industri informasi.

Rinto Jiang :

Sebenarnya dari sini telah dapat kita lihat satu hal yang terlupakan juga. Bukan hanya masalah upah, produktivitas, ongkos produksi dan lain2 tapi ada satu yang lebih penting lagi adalah skill dan pengalaman dari negara lain. Mayoritas pengusaha tekstil di Tiongkok sekarang ini adalah pengusaha tekstil yang dulu berjaya di Taiwan dan HK. Memang ini yang dipentingkan oleh para pembuat kebijakan di Tiongkok, investasi asing itu bukan hanya arus modal semata, namun akan ada arus skill dan pengalaman manajemen yang tidak dipunyai oleh Tiongkok sekarang ini.

Dulu ada member milis yang menanyakan apa yang terjadi kalau Coca Cola atau McDonald menguasai pasaran beverages di Tiongkok yang besar itu, apakah positif atau negatif. Saya jawab positif. Tiongkok memilih untuk tidak proteksi terhadap Coca Cola atau McDonald walau mungkin akan punya efek negatif terhadap pengusaha lokal karena yang mereka inginkan adalah yang lebih jauh bagaimana manajemen, sistem distribusi dan pengalaman sebuah perusahaan multi negara yang telah teruji akan diterapkan dan diajarkan kepada orang2 lokal. Itu yang sering diabaikan oleh kita yang cuma melihat bahwa pengusaha lokal akan tumbang dan harus meminta proteksi ini itu pada pemerintah.

Mudah2an Indonesia bisa lebih baik yah di masa depan. Dulu waktu kecil saya itu sering bermimpi kalau Indonesia bisa jadi super power dunia dan sampai sekarang masih belum itu impian saya buang.

Rinto Jiang