Zhou xiong ,

mungkin yang dimaksud oleh sdr.Karang adalah interaksi waktu ,
dimana leluhur memiliki peran dalam meletakkan dasar-dasar kehidupan
sekarang ini.
Jadi ada satu keterkaitan antara masa lampau dengan masa sekarang.

Ada faktor lain adalah sdr.Karang mencoba melihat ritual
penghormatan leluhur dari Dao Jiao aliran Quan Zhen. Dimana kitab
bakti atau Xiao Jing dari Kong Zi digunakan sebagai bahan pengajaran
pula.

Memang dari sudut pandang Dao Jia tidak perduli akan leluhur serta
ritual-ritual.
Mungkin sekali sdr.Karang meninjau dari sudut pandang Dao Jiao atau
agama Dao.

hormat saya ,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Skalaras" <[EMAIL PROTECTED]>