From: RM Danardono HADINOTO [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, June 21, 2005 5:21 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: [budaya_tionghua] Re: Perspektif Soe Hok Gie

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Pendi" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:
> btw, belakangan nama Soe Hok Gie jadi tenar banget...terutama
setelah ada
> film nya....
> tapi terus terang gw ga tau nih Soe Hok Gie itu siapa sih?
> orang zaman sekarang atau zaman dulu? masih hidup? trus apa
hebatnya yahh???
> maksud gw, dia tokoh dalam bidang apa ya?
-------------------

Mengharukan juga, kalau ingat, kami kedua saudara itu, hidup dalam
satu era kemahsiswaan: pertengahan 60an, dimana kami alami kemelut
pasca Gestapu.

Sampai kini, kami sekeluarga masih berhubungan dengan adik wanitanya
yang kecil, yang masih tinggal di Jakarta, Jeanne Su (teman kelas
isteri saya di SMA Sancta Ursula). Waktu saya pacaran dengan isteri,
Jeanne selalu menemani, yahh.. senja akhir 1966.

Yang meyedihkan, ialah, mereka ini tokoh orde baru, yang mati2an
mengkakhiri orde lama, yang mereka umpat sebagai orde lama, orde
rusak rusakan..

Apa yang mereka dirikan, orde baru, lebih runyam ...ekonomi bangun
tegap, namun batu landasan masyarakat korup oligarchy diletakkan.

Beban bagi generasi mendatang tampaknya tak mudah disingkirkan.

Salam nostalgia

RM Danardono