Kalo lihat kondisi jaman sekarang sih, emang kemungkinannya jadi lebih kecil. Hal ini terjadi karena orang jaman sekarang rata-rata menikahnya saja di atas 25 tahun (malah ada yang di atas 30 thn), terus anak cuma 2 atau 3 orang saja.

Lain ceritanya dengan jaman dahulu, orang 15 tahun saja sudah menikah, punya anak setiap 1 atau 2 tahun, sampai umur 40 tahun masih punya anak. Bayangin, anak tertua dengan anak bungsu bisa berbeda umur 25 tahun lebih !! Kadang ibu dan anak bisa hamil bareng2, bahkan kadang keponakan bisa lebih tua dari paman atau tantennya. Bila kondisi ini terus berlanjut keadaan di bawah bisa saja terjadi.

Aku saja waktu masih kanak-kanak dengan tetanggaku (semarga) yang waktu itu sudah kakek-kakek itu tingkatannya sama, aku cukup panggil dia abang padahal aku seumuran dengan cucunya! Sekarang cucu tetanggaku yang paling besar kayaknya sudah pada punya anak, sedangkan aku dan saudara2-ku rata-rata masih keluarga baru bahkan ada adikku yang masih sekolah belum selesai. Keluarga tetanggaku rata2 kawin muda, sedangkan keluargaku rata2 kawin telat. Jadi bila trendnya begini terus, rasanya nanti cucuku bakalan beda 4 generasi dengan tetanggaku.

Satu hal lagi karena tidak semua generation poem itu 16 huruf, ada yang cuma 12 atau 10 huruf saja. Jadi kemungkinan sudah balik ke huruf awal bisa lebih besar.

Salam,
Suryadi

agung setiawan <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com

28/06/2005 11:12 AM

Please respond to
budaya_tionghua@yahoogroups.com

budaya_tionghua@yahoogroups.com
cc
Subject
Re: [budaya_tionghua] Re: Maksud dan kegunaan dari kata kedua dari nama orang Tionghua

kalo gak salah ada 16 generasi lho masa bisa terbalik
seh? lagipula semua kan tercatat data2nya ( khusus
lingkungan saya, KALO di tempat laen gak tau juga )

--- jonathangoeij <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, agung
> setiawan

> tingkatannya
>
> Justru karena balik keawal lagi itulah jadi besar
> kemungkinannya
> seseorang yg dikira keponakan malah tingkatannya
> sama dengan ancestor.
>
> nggak percaya?
>
> :)

Yahoo! Sports
Rekindle the Rivalries. Sign up for Fantasy Football
http://football.fantasysports.yahoo.com

Disclaimer:
This email may contain privileged and/or confidential information intended only for the use of the addressee. If you are not the addressee, or the person responsible for delivering it to the addressee, you may not use, copy or deliver this to anyone else. If you receive this email by mistake, please immediately notify us.

Opinions contained herein may be the personal opinion of the sender and do not necessarily represent the views of the G K Goh Group. If you are in any doubt as to whether the opinions are officially endorsed by the G K Goh Group, please contact our Compliance Dept at (+65) 6225 1228 for clarification.