Pertanyaan yang sangat menarik.
Kalau kita, Tionghoa Indonesia ke luar negeri,
katakanlah sekolah di sana, tolong perhatikan, apakah
mahasiswa Tionghoa Indonesia lebih dekat ke mahasiswa
pribumi Indonesia atau ke mahasiswa Tiongkok? Di sana
jelas, bahwa karena lingkungan sudah berbeda, orang
Tionghoa Indonesia sudah berkiblat ke Indonesia bukan
ke Tiongkok, hanya saja orang-orang tertentu tak bisa
melihat jauh, rabun mata dekat. Kalau Tionghoa
Indonesia masih mempunyai perbedaan dengan suku lain
di Indonesia itu wajar, sebab tiap suku di Indonesia
mempunyai kultur masing-masing. Bukankah kita menuju
Bhinneka Tunggal Ika? Berbeda-beda tapi tetap sama?
Salam

--- Ari Condro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Diskusi menarik ttg Tionghua daratan dan Tionghua
> diaspora.
> dan bedanya dengan yang di Indonesia ....
>
> Beberapa yang jadi poin saya :
>
> 1. Sebenarnya apa sich yang membedakan tionghua  di
> Indonesia
> dengan tionghua diaspora lainnya, juga dengan yang
> di mainland ?
>
> 2. Misunderstanding kebanyakan orang Indonesia
> terhadap
> saudaranya yang tionghua di Indonesia bisa diredusir
> dengan cara
> apa ?  Mengingat secara kultural, hal ini sudah
> [...]

Yahoo! Sports
Rekindle the Rivalries. Sign up for Fantasy Football
http://football.fantasysports.yahoo.com