Kalender China (Yin Li), seperti yang pernah dibahas dalam milis ini sebelumnya, itu punya siklus 60 tahun. Tongshu ini berdasarkan kalender Yin Li. Kalau kita bisa mengoleksi 60 tahun buku tongshu, maka bisa dipakai berulang2, artinya setelah tahun ke-60, tahun ke-61 balik lagi ke tongshu jilid pertama. Tentu saja seperti kata Sdr. Rinto Jiang, padanannya dalam kalender masehi Gregorian (Yang Li) tidak sama dan harus dikonversi sedikit. Saya rasa di vihara2 atau kelenteng2 besar, atau di pakar2 kuamia (xiang ming), pasti lengkap koleksinya.

Alternative lain, ya tunggu sekitar tiga atau empat bulan lagi, pasti tongshu untuk tahun depan sudah pada terbit. Tentu saja terbitnya di negara yang komunitas Tionghua-nya banyak seperti di Singapura, Malaysia, Hong Kong atau Taiwan.

Bersabar, ya.  Paling tidak, khan kamu ada di Spore (atau cuma emailnya aja yang .sg), jadi belinya nggak perlu sampai musti nitip2 orang, ya nggak?.... :D

Salam,
Suryadi

LaHuang <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: budaya_tionghua@yahoogroups.com

21/07/2005 02:19 PM

Please respond to
budaya_tionghua@yahoogroups.com

budaya_tionghua@yahoogroups.com
cc
Subject
Re: [budaya_tionghua] Hitung hari baik

Nah justru itu permasalahannya. Saya pribadi gak
terlalu memusingkan hal ini, tapi namanya orang tua
harus dituruti toh?

Denger-denger pakar suhu yang canggih macam Benny dan
Kang Hong Kian bisa? apa betul? apa ada nomor kontak
mereka?

Bagaimana caranya cari tongshu 60 thaun lalu?
Luis

--- Rinto Jiang <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> Mengapa masih banyak orang awam yang mencari pakar2
> dan menggunakan jasa
> mereka? Kalau cuma membantu melihat kalender di
> dinding siapapun bisa
> kalau bisa mandarin, begitu pasti pikiran kita. Jasa
> pakar bukan cuma
> itu, melihat hari baik harus juga dicocokkan dengan
> faktor2 dari kita
> sendiri. Jadi, hari baik tidak berarti hari baik
> untuk semua orang. Ini
> yang harus diperhatikan. Satu lagi, hal seperti ini
> harus jadi referensi
> untuk keputusan kita semata jangan sampai mengikat.

Disclaimer:
This email may contain privileged and/or confidential information intended only for the use of the addressee. If you are not the addressee, or the person responsible for delivering it to the addressee, you may not use, copy or deliver this to anyone else. If you receive this email by mistake, please immediately notify us.

Opinions contained herein may be the personal opinion of the sender and do not necessarily represent the views of the Company. If you are in any doubt as to whether the opinions are officially endorsed by the Company, please contact our Compliance Dept at (+65) 6225 1228 for clarification.