Ada baiknya milis ini mengadakan kursus penguatan bahasa Indonesia untuk beberapa kawan di sini sehingga mereka bisa membaca dan memahami makna yang tersirat dan tersurat dalam tulisan orang secara baik dan benar.

Kalau tidak, kasihan kawan-kawan ini, hanya bisa jadi penghujat reaksioner  kelas teri yang seakan ngerti apa yang dimaksud orang lain padahal jauh panggang dari api.
======================
He .. he .. he .. saya rasa yang mana panggang dan yang mana api mungkin anda juga tidak bisa membedakan.
Karena anda selalu meng-generalisir sesuatu, sehingga panggang dan api pasti akan terlihat sama.

Kawanku, saya ambilakan kutipan dari postingan anda :
>Apa yang akan anda lakukan? Pindahkan? Lawan? Kobarkan perang fisik? Apakah menyelesaikan persoalan? Atau lawan >segala bentuk diskriminasi tersebut sambil tidak melakukan diskriminasi juga? Apakah anda didukung oleh komunitas anda? >Meskipun banyak, anda tetap sendiri. Itulah komunitas Tionghoa Indonesia. Udah disumpahin, dicaci maki, diludahin, >digebukin, dipalak, dijarah, diperkosa, dibunuh, bahkan dibakar, tetap ga efek. Ga jera juga. Kalau udah gini, lantas salah >siapa?

Komunitas yang mana yang anda maksudkan kawan ?
Jera karena apa kawanku ?
Salah siapa ? Ya jelas yang salah orang yang suka mengenarilisir sesuatu, karena mereka tidak tau yang mana panggang dan yang mana api. Taunya hanya komunitas Tionghoa yang jelek.
Banyak juga koq Tionghoa yang berprestasi.
Kawanku tahukah dikau siapa peraih medali emas pertama untuk Indonesia di olimpiade ?
Itu hanya salah satu contoh pertanyaan yang mungkin bisa membuka pikiran anda agar jangan mengenaralisirkan sesuatu. Karena cara berpikir seperti anda ini yang berbahaya, kawanku. Salah sasaran nanti kita.
Taunya komunitas Tionghoa Indonesia itu jelek, maka akan menyumpahin, mencaci maki, meludahi, menggebuki, memalak, menjarah memperkosa, membunuh dan bahkan membakar Tionghoa.

Cukup dulu ya kawanku, tidak pernah lho saya nulis di milis ini. Apalagi sampai satu layar monitor penuh.
Biasanya saya hanya membaca saja ulasan dari semua suhu di sini, abis asik sih.
Cuma kali ini gatel aja, penginnya nggaruk aja.
He... he... he...

Rgds
Andi Tan