Julie menulis :

OH, saya pikir zhong qiu itu tanggal 9 bulan 9 imlek.

Tanggal 15 bulan 8 saya Cuma tahu ada 3 kisah yang dihubungkan, yaitu
kisah perahu naga (jadi tgl ini orang mandangin bulan sampai jam 4
pagi), chang e, sama kue tong cu piah itu.

Rinto Jiang :

Tanggal 9 bulan 9 penanggalan Imlek itu Festival Chong Yang (Hokkian: Tiong Yong).

Tanggal 15 bulan 8 adalah Festival Musim Gugur. Dulu orang Tiongkok itu bangsa agraris, menanam di musim semi dan panen di musim gugur. Itu makanya perayaan musim semi (Tahun Baru Imlek) dan gugur (Tiong Ciu) adalah paling meriah. Namun perayaan musim panas (Peh Cun) dan perayaan musim dingin (Tang Ce) juga tak kalah meriahnya.

Tanggal 15 bulan 8 tak ada kaitannya dengan perahu naga, perahu naga ada kaitan dengan Peh Cun (tanggal 5 bulan 5).

Mengenai tanggal 15 bulan 8, ada kaitannya juga dengan dewa bumi. Silahkan dirujuk:

Rinto Jiang