sdr.Danardono ,

sekedar tambahan.

Tentunya ada yang mengetahui 8 dewa atau Ba Xian.
8 tokoh Xian (cat:sengaja saya tekankan Xian , bukan dewa. Agar
tidak menjadi rancu) merupakan suatu perlambang atau suatu pemahaman
Taoism bahwa siapapun bisa mencapai Dao dan menjadi Xian.

Selain itu menurut konteks kepercayaan Taoism , ada jalan menuju
pencerahan , dimana disebut Gui Xian atau Xian yang berasal dari
hantu.

Jadi menurut konteks tersebut , mungkin saja orang mencapai
pencerahan melalui alam yang berbeda dengan alam yang kita kenal
sebagai alam manusia.

Dalam kisah-kisah yang berkaitan dengan Guan Gong , saya memastikan
bahwa Guan Gong tidak mengenal Buddha Dharma dalam kehidupan beliau
sebagai seorang jendral.
Tapi beliau sering dilukiskan sedang membaca buku Chun Qiu yang
merupakan buku sejarah yang dirangkum oleh Confucius.

hormat saya ,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Terimakasih mas King Hian atas pencerahannya. Banyak sekali
rupanya
> tokoh yang disucikan, yang awalnya adalah berangasan, bahkan tokoh
> militer yang kemudian menjadi welas asih. Juga tokoh Saulus yang
> kemudian menjadi Paulus adalah tukang penggal kepala.
>
> Konon khabarnya juga Sunan Kalijaga sebelumnya adalah perompak
> dijalanan, yang kemudian menemukan gurunya, yang membuat beliau
> menjadi seorang wali.
>
> Yang menarik dalam sejarah Kuan Kong adalah, apakah beliau ini
dalam
> [...]

href="http://us.ard.yahoo.com/SIG=12h94jmet/M=320369.6903865.7846595.3022212/D=groups/S=1705329729:TM/Y=YAHOO/EXP=1123144205/A=2896110/R=0/SIG=1107idj9u/*http://www.thanksandgiving.com
">Help save the life of a child. Support St. Jude Children¿s Research
Hospital</a>.</font>