Saudara Karang Terjal , Yth.
Terima kasih  atas informasi anda dan juga reaksi yang simpatik. Saya orang
baru dalam milis ini, barangkali belum sampai sebulan dan itupun kebetulan
karena pada suatu  hari saya temukan tulisan abang saya yang bernama Sobron
Aidit. Lalu saya pun melamar jadi anggota dan sesudah mengikuti isi-isi di
milis ini saya coba-coba mengirimkan juga tulisan saya karena saya pikir
kalau tulisan yang berupa cerita yang dibuat abang saya bisa dimuat di milis
ini barangkali tulisan sayapun bisa dimuat juga. Dan dalam kenyataan semua
tulisan saya dimuat dan saya merasa gembira. Tapi saya tidak tahu menahu
kalau tema yang tidak berhubungan langsung dengan "budaya tionghua"harus
dicantumkan OOT. Dan lalu saya kira pencantuman itu dilakukan oleh moderator
sebagai penentu atau pengklsifikasi jenis OOT atau bukan. Hingga saya
membaca reaksi dan informasi dari anda barulah saya tahu bahwa OOT itu harus
dicantumkan sendiri oleh si penulis. Ah, masaalahnya sungguh sederhana bila
saya diberi tahu sejak mula. Tapi karena saya tidak tahu menahu tentang tata
tertib demikian lalu saya dicap tidak mau menaati peraturan dan merasa mau
mengistimewakan diri dari milis-milis lainnya. Sayangnya kesalah pahaman di
kedua belah pihak itu dimulai dengan teguran sinis, persangkaan buruk bahwa
saya main licik menulis dengan huruf kecil supaya disangka tulisannya tidak
panjang, sengaja tidak mau menaati tata tertib yang  dalam pada itu sama
sekali tidak ada teguran yang jelas dari pihak para milis yang memberikan
reaksi dan bahkan dari pihak salah seorang moderatorpun turut-turut
memberikaan reaksi yang onsimpatik terhadap saya dan saya masih tetap tidak
tahu menahu bahwa saya telah melanggar tata tertib.Tapi selain itu, masih
ada soal lain disamping tuduhan bahwa saya tidak mengindahkan tata tertib,
yaitu  saya menerima komunikasi yang antipatik, tidak bersahabat, sinis dan
mencemoohkan sehingga sebagai manusia biasa tentu saya bisa marah dan
memberikan reaksi pula karena saya tidak termasuk golongan manusia yang
ditempeleng pipi kiri lalu menyerahkan pipi kanan. Singkat kata telah
terjadi komunikasi yang buruk dan irritant. Padahal masaalahnya kalau memang
mau punya itikad baik, berilah penjelasan agar yang tidak tahu menjadi jelas
dan mengerti dan tidak memulai dengan cemoohan, praduga buruk dengan cara
nimbrung singkat-singkat, tidakserius dan provokatif.Tapi baiklah, kalau
tergantung pada saya sendiri saya tidak suka polemik apalagi debat kusir dan
caci maki tidak karuan. Niat saya mengirimkan tulisan ke milis ini adalah
sekedar untuk menyumbang segala sesuatunya bila itu berkenan untuk pemikiran
bersama dengan cara saya sendiri sesuai dengan kemampuan saya yang kalau
welcome saya teruskan tapi kalau tidak... yah ,setiap orang punya wilayahnya
masing-masing dan menjadi tuan di kandangnya sendiri-sendiri.
Tentang pertanyaan saudara apakah saya ini ada hubungan keluarga dengan D.N.
Aidit.
Jawab saya adalah ya. D.N. Aidit adalah abang sulung saya dan saya adalah
yang bungsu dari banyak bersaudara. Tapi kami bukan otak kembar. Setiap kami
mempunyai otak masing-masing, cara berpikir masing-masing. Jadi tentang
segala sesuatunya  yang mengenai saya, umpamanya, tidak bisa
dihubung-hubungkan karena saya adiknya D.N. Aidit bekas ketua PKI,
jadi...Tidak, tidak bisa. Saya adalah saya sendiri dan itu telah tercermin
dalam semua tulisan saya. Bahwa saya memakai nama Aidit sebagai nama
belakang sebagaimana juga semua abang-abang saya memakainya, itu adalah
karena nama ayah kami adalah Abdullah Aidit.
Nah, saudara Karang Terjal, biginilah secara singkat yang sudah panjang ini
penjelasan saya pada saudara yang simpatik. Saya merasa bersukur bahwa dalam
milis ini ada manusia seperti saudara yang lebih suka mencari penyelesaian
daripada menggugah keributan. Salam hormat saya pada saudara.
Asahan Alham Aidit.
NB: di atas sudah saya cantumkan OOT(saya bukan orang yang keras kepala)