sdr.Uly ,

suku Ba ini bisa dikatakan telah meleburkan kedalam suku Han.
Chu Yan atau Khut Guan merupakan orang dari etnis Ba dan dipercaya
kerajaan Chu pada masa Musim Semi dan Gugur merupakan kerajaan Ba.
Tapi sekarang ini ada suku TuJia yang beranggapan bahwa mereka
adalah keturunan dari suku Ba itu.

Kehancuran kerajaan Chu serta adanya konflik dengan suku lainnya
membuat mereka menyebar ke banyak daerah dan meleburkan diri dengan
suku-suku lain.
Jika anda menyusuri sungai Chang Jiang , anda melihat tebing-tebing
tinggi dan disitu ada beberapa kuburan kuno yang merupakan kuburan
suku Ba pada masa lampau.

Kemampuan menggiring mayat pada masa sekarang ini hanya ada di film-
film belaka.
Jikapun ada catatan pada masa lampau terutama dinasti Qing , tidak
akurat sekali. Karena konon mereka menggiring mayat pada malam hari
dan selalu memberitahukan dahulu kepada penduduk desa atau kota yang
mereka lewati bahwa mereka sedang menggiring mayat.
Jadi ada kemungkinan tidak ada orang yang benar-benar melihat mayat
sedang berjalan. Dan sepanjang yang saya tahu bahwa mayat itu tidak
lompat-lompat seperti dalam film.

hormat saya ,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ulysee" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Trims atas infonya. Mau Tanya lagi ya,
>
> Kalau jaman sekarang suku Ba masih menguburkan mayat di tebing
tinggi
> tidak?
> Jaman sekarang pendeta yang punya keahlian menggiring mayat masih
ada
> tidak?

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM