Sobron Aidit :

B A C A A N   R I N G A N
( Loulou dan Berry )

Loulou ( Laura ) dan Berry adalah cucu saya yang pertama dan yang keempat.
Perbedaan keduanya adalah 10 tahun. Loulou lahir pada 1986 dan Berry lahir
pada tahun  1996, dua-duanya lahir di Paris.-

Saya pernah berpesan secara keras tapi sangat sayang kepadanya, bahwa cucu
kakek harus mengerti bahasa Indonesia dengan baik. Dan mereka dua-duanya
bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan selalu berbahasa Indonesia dengan
tamu-tamu kami yang dari Indonesia.

Ketika beberapa tahun yang lalu - Loulou merasa keberatan pabila adiknya
masuk Taman Kanak-Kanak yang lebih bawah dari kelas nol. Kami heran -
mengapa Loulou keberatan. Setelah kami tanya antara
dari hati ke hati - tahulah kami, bahwa Loulou merasa takut dan kuatir kalau
adiknya ini dipukuli anak lainnya di sekolahnya. Sebab ketika Loulou
bertugas mejemput Berry dari sekolahnya - yang jauhnya kelihatan dari rumah
kami ( di Almere - Holland ) - ada beberapa orang anak yang mengeroyok
Berry. Dan melihat adiknya dikeroyok itu - langsung Loulou berlari menuju
sekolah adiknya dan langsung melaporkan kepada guru yang bertanggungjawab.
Sejak itulah mata Loulou selalu menerobos jendela rumah kami mengawasi
sekolah Berry - kalau-kalau Berry dikeroyok lagi. Dan Loulou agaknya
terganggu juga kalau-kalau adiknya diganggu anak-anak lain.

Rupanya tidak puas - lalu Loulou sendiri datang ke sekolah adiknya dan
menanyakan kepada guru yang bertanggungjawab - apakah anak-anak yang dulu
mengeroyok adiknya masih suka mengganggu Berry. Tentu saja gurunya turut
menentramkan hati Loulou bahwa kejadian dulu itu - hanya kebetulan saja -
dan tentu saja tidak pernah berulang.

Suatu hari ketika Berry sudah agak besar - berusia 5 tahun mama-papanya
membelikannya sebuah sepeda. Dan Berry sering ngebut di depan atau di
belakang rumah. Kakaknya sering menasehati agar jangan terlalu kencang
mengayuh sepeda - jangan sampai ngebut. Lalu Berry semakin mau berlagak lagi
- dengan meninggikan sadelnya. Kami dan kakaknya mengatakan - agar jangan
sampai sadelnya ditinggikan - sebab nanti kalau terjadi apa-apa, kakinya
lalu tidak sampai ke tanah dan kamu jatuh, demikian kata kami. Tapi Berry
rupanya tidak ambilpeduli.

Tetap suka ngebut dengan teman-temannya di depan rumah atau di belakang
rumah - dekat kebun belakang. Suatu waktu kecelakaan terjadi. Temannya si
Shakiel berlari menuju rumah kami mengabarkan bahwa Berry terjatuh dan
kepalanya berdarah. Mendengar laporan kecelakaan Berry ini, secepat kilat,
kakaknya Loulou sampai nubruk kursi di tengah rumah - karena berlari keluar
dan menuju tempat adiknya kecelakaan. Beberapa menit kemudian Loulou dengan
mengangkat dan membopong adiknya Berry sambil menangis kesakitan. Keningnya
berdarah - tetapi tidak sangat parah - hanya luka biasa karena terjatuh di
pasir dekat Mesjid Al-Aboubakr di ujung jalan rumah kami.

Yang saya terkenang sangat - yalah ketika dengan begitu cepat kakaknya Berry
- Loulou berlari menuju tempat kecelakaan adiknya dan langsung membawanya
pulang sambil adiknya menangis kesakitan - karena keningnya berdarah. Loulou
sangat sayang kepada adiknya -sangat sayang. Tetapi Berrypun sangat sayang
kepada kakaknya. Pabila kami bepergian ke kota lain atau ke Paris - Berry
selalu mengingatkan kami agar membawakan sesutu - entah makanan ataupun
barang buat kakaknya Loulou yang tidak ikut kami ketika itu. Selalu Berry
yang mengingatkan kepada kami agar membawakan apa-apa buat Loulou.

Dalam hati saya sangat senang dan bahagia - dua cucu saya ini sangat saling
menyayangi. Lalu lagi-lagi saya berpikir - bukankah ini juga suatu sorga
perasaan? Tentu saja ada hari-harinya dua orang itu mengalami perselisihan -
bertengkar - bahkan salau seorang sering sampai menangis. Dan kami biasanya
selalu menetralisirnya agar jangan sampai berkelahi dan bertengkar
berlarut-larut. Tetapi yang pokok antara mereka tetap kedekatannya dan rasa
sayangnya satu sama lain yang paling menonjolnya,-

Ini cerita cucu saya yang nomor satu dan nomor empat. Yang nomor dua - tiga
dan lima, tidak tinggal bersama saya - tetapi bukannya tidak ada
cerita-cerita yang menarik tentang mereka - ada waktunya nanti akan saya
tuliskan. Rupanya...sorry ya....saya ini nggak muda lagi yah...Cucu saja
sudah lima....dan cucu pertama sudah berusia 19 tahun lebih! Tapi pasal
semangat muda - kemauan dan kehendak muda - itusih perkara lainlah!

Paris,-  6 Oktober 05,-

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/O4u7KD/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM