Erik menulis:

Sebutan TRIAD untuk kelompok gangster di Hongkong adalah pemberian bule. Sedangkan kelompok itu sendiri (dan juga rekan-rekan mereka yang di Mainland serta Taiwan) tidak menyebut diri dengan sebutan itu. Mereka terbagi dalam beberapa kelompok besar, antara lain yang memiliki akses dan pengaruh ke pemerintahan (sebagaimana juga Yakuza di Jepang) adalah Zhulianbang, Qingpang dll.  Konon Jiaqingling dan Lougan di China juga adalah bagian dari gangster ini.

Adapun gangster di Indonesia, setahu saya belum ada yang mencapai kematangan organisasi. Mereka hanyalah kelompok-kelompok brandal yang suka tawuran dan meributkan soal-soal sepele atau paling-paling memperebutkan lahan lapak.  Satu-satunya yang agak dewasa saya kira adalah PP (Pemuda Pancasila) yang sudah siap masuk ke kancah politik dan pemerintahan.

demikian sedikit urun rembug dari saya. Maaf, kalau ada kekeliruan!!

Salam,

Erik

Rinto Jiang:

Asal mula kata TRIAD tetap erat kaitannya dengan nama kelompok ini di zaman dulu. Kutipan ASM dulu:

[quoted]

Asal mula kata Triad?

Triad diambil dari nama Tionghoa "San He Hui" = "Perkumpulan Tiga Unsur" yang sebenarnya merupakan nama lain daripada nama organisasi rahasia ini. Nama asli organisasi rahasia ini di zaman tersebut adalah "Tian Di Hui" "Perkumpulan Langit dan Bumi". San He Hui sendiri muncul setelah menambahkan unsur Manusia ke dalam 2 unsur lainnya, Langit dan Bumi.

Triad juga terkenal dengan nama lainnya, "Hong Men""Sekte Hong".

[unquoted]

Selengkapnya dapat dilihat di:

Rinto Jiang