--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dalam kitab kitab klasik Islam juga disebutkan tradisi membakar kemenyan dan
> meletakkan tempat bakarannya di sudut sudut ruangan masjid (yang intinya
> adalah aromatherapy juga).

Mohon maaf Bung Ari:

Saya jadi kepingin baca kalau memang ada kitab klasik Islam yang  juga
menyinggung adanya tradisi membakar kemenyan dan  meletakkan tempat bakarannya
di sudut sudut ruangan masjid (yang intinya  adalah aromatherapy juga). Apakah
kitab itu masih dalam bahasa Arab? Atau sudah ada terjemahannya dalam bahasa
Inggris atau Indonesia?

Sejauh yang saya tahu, kebiasaan bakar kemenyan yang ada pada masyarakat
(Islam) Jawa bukanlah tradisi Islam, tetapi warisan nenek moyang orang Jawa
yang dulunya pernah beragama Hindu/Buddha, dan itu pun mereka sebut sebagai
kepercayaan/tradisi Kejawen.  Beda halnya dengan suku lain di nusantara ini
(semisal suku Minang dll) yang juga beragama Islam, mereka tidak mengenal
tradisi bakar-bakaran kemenyan tsb.

Itulah yang selama ini pernah saya dengar, lihat  dan baca. Apakah memang saya
salah?  Mohon konfirmasi dari pakar-pakar yang ada di milis ini!! Sebab
informasi dari bung Ari malah justru ada kitab klasik Islam yang menyinggung
adanya tradisi bakar kemenyan?

Salam,

Erik

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM