Pak Xuan Tong,

Tergantung pak, bisa dilihat pada buku/sumber yang akan bapak ambil foto,
isi (atau biasa disebut materialnya). Bila harus seijin penulis atau
penerbit, maka bapak harus meminta ijin terlebih dahulu sebelum memasukkan
material yang dimaksud.

Ada juga artikel yang bebas kita kutip asal disebutkan sumbernya. Nah, ini
tidak perlu ijin dari penulis/sumbernya.

Tentu saja bisa dituntut sesuai hukum bila kita menyalahkan gunakan sumber
material yang merupakan hak cipta seseorang. Misalnya dalam dunia IT, ada
foto / picture file yang dapat dicopy gratis, ada yang harus seijin
author-nya, dan ada yang harus kita beli.

Demikian pak, semoga membantu

Salam,
Min Hui

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM