Rekan-rekan,
Cerita San Pek Eng Tay (San Pek Ying Tai) sudah
sedemikian terkenalnya, sehingga para penulis cerita
drama dan film yakin dengan menebeng cerita ini
karyanya akan laku keras, meskipun isinya diaduk-aduk
bahkan menjadi hilang masalah emansipasi wanitanya.
Hal ini tidak terjadi di Indonesia saja, tapi di
Hongkong dan Taiwan juga. Hal ini membuat berang
almarhun OKT, penerjemah kenamaan ini dalam usia 82
tahun menerjemahkan kembali cerita San Pek Eng Tay
yang asli, agar nilai cerita ini tak rusak oleh
spekulasi yang kacau itu. Ia juga mengatakan, yang
menulis Sam Pek Eng Tai jelas tidak mengerti bahasa
Tionghoa (Mandarin ataupun dialek), sebab huruf San
dalam Mandarin atau dialek yang manapun tak pernah
dibaca Sam.
Semoga membantu pencerahan.
LU

--- ulysee <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Heheh, jadi inget lagi kesumat mau ngebahas Sam Pek
> Eng Tay kemarin
> belum kesampaian.
>
> Yang gue tahu sih Yang's Female Warior itu beneran.
> Jadi kemungkinan
> jendral Wanita itu dari dulu emang ada. Dan yang gue
> baca Jendral Yue
> Fei punya anak perempuan yang ilmu silatnya enggak
> kalah dari
> saudara2nya yang laki-laki.
>
> Tapi terus kenapa Hua Mu Lan sampe kudu nyamar jadi
> laki-laki ya supaya
> bisa masuk tentara?
> [...]

Yahoo! FareChase: Search multiple travel sites in one click.
http://farechase.yahoo.com

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM