From: Suryadi Hertanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent
: Wednesday, November 16, 2005 5:42 PM
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Subject: Re: [budaya_tionghua] Apakah pengetahuan sejarah Tiongkok diperlukan bagi orang Tionghua ?

Rekan2 milis yth,

   Terus terang aja, di beberapa part dari negeri ini ternyata sudah lupa atau sudah meninggalkan kebudayaan asli leluhurnya, dan generasi mudanya menjiplak kebudayaan barat, terutama Eropa dan Amerika. Misalnya, nama-nama anak yang mirip nama barat, belum lagi contoh-contoh yang mereka ambil dari TV khususnya sinetron. Juga bahasa Indonesia sudah sering mengadopsi slank / bahasa barat, perhatikan judul-judul iklan, real estate, dll.

    Kita mesti mengakui bahwa budaya China / Tiongkok sangat tinggi dan hingga kini generasi mudanya tetap melestarikan. Perhatikan saja soal tari-tarian, kerajinan tangan, bahasa, adat, dll. Bahkan seluruh ejaan barat pasti akan dikonvert ke teks China, misalkan Cocacola, Carrefour, KFC, dll. Orang China punya "proud" terhadap kebudayaannya.

    Mengapa demikian, karena memang kebudayaan China sangat kaya dan patut dibanggakan, serta ada catatan / bukti sejarahnya yang otentik. Bandingkan dengan sejarah kerajaan-kerajaan di Jawa, apalagi yang ceriteranya malahan dijadikan sinetron, sangat kabur dan penuh tahayul. Kita bangga riwayat Kaisar Qin yang sedikitnya telah dibuat 7 film kolossal, terakhir The Hero - Jet Lee.

   Kesimpulannya, jangan ragu mempelajari kebudayaan China. Banyak manfaatnya.

Salam,

Suryadi