Hai, saya ingin mengoreksi beberapa perkataan teman-teman yang
kedengarannya benar, tetapi menurut saya kurang tepat, sekali lagi
ini menurut pendapat saya!. Jika ada perkataan yang salah dan tidak
tepat mohon juga saya dikoreksi.

<…Falunkung, gereja/agama fundamental [underground church], dan
gerakan fanatiek termasuk gerakan TienAnMen type - banyak sekali
didunia dan dgn mudah dpt meracunkan pikiran penduduk China…>

Menurut saya: ajaran komunis (dalam hal ini Partai Komunis China)
termasuk salah satu aliran didalamnya yang banyak sekali di dunia. Ia
lebih dasyat meracuni pikiran penduduk China. Satu contoh saja:
Mencintai negara adalah mencintai partai; mencintai partai adalah
mencintai negara. Di mana-mana negara di seluruh dunia, tidak ada
satupun partai yang berkuasa mengklaim seperti itu. Coba kalau di
Indonesia ada yang mengklaim “mencintai partai X adalah mencintai
Indonesia, mencintai Indonesia adalah mencintai partai X,” itu akan
sangat menggelikan sekali.

< Sekarang kalian yg berada diluar negeri dan yg baru mengerti 5-10%
apa artinya demokrasi berteriak2 kekejaman diChina!  Apakah kalian yg
bertanggung jawab utk kemajuan negara? Apakah kalian sanggup
memberikan pertanggungan agar investment2 yg sekarang mengalir
kedalam negara China tiba2 dirusak oleh ketidak stabilan negara.
Apakah kalian sanggup memeberikan garansi penduduk asing atau
penduduk chine in general tidak hidup in fear kembali. Siapa yg dpt
memberikan garansi bahwa gerakan gereja2 fanatiek tidak tiba2 jadi
revolusi yg menterror massa. Gerakan2 ini semua budgetnya sangat
kuat.  Silahkan kalian mengabil pol dari penduduk China = pasti
diatas 2/3 setuju dgn keputusan pemerintah.>

Yang ini menurut saya sesuai dengan pendapat ABS.

< Yg berada diluar China tidak berhak memberikan kritik, sebab tidak
mengerti keadaan negara.>

Menurut saya: memang, yang berada di luar China belum tentu mengerti
keadaan negara China, namun yang berada didalam China juga belum
tentu mengerti keadaan negaranya. Mengapa? Sudah bukan rahasia umum
lagi, negara China dikuasai oleh rejim komunis yang mana diktator dan
sentris. Semua berita baik dari dalam maupun dari luar disensor dan
diblokir habis-habis oleh rejim ini untuk menutup mata dan telinga
penduduk China. Tujuan apa? Agar penduduknya hanya mendengar
berita-berita yang disenangi oleh rejim komunis, agar penduduknya
tidak mengetahui berita-berita yang menyingkap kejahatan PKC, agar
penduduknya patuh pada PKC , agar kekuasaan PKC tidak terancam dan
lain-lainnya. Sebaliknya, penduduknya hanya mendengar keberhasilan
PKC dan melihat yang indah-indah serta “kebaikan” PKC. Orang yang
berada didalam China juga belum tentu mengerti keadaan negaranya,
karena beritanya sudah disensor habis-habisan.

<…Salah-salah bisa jadi Taiwan semua…>

Menurut saya: kasihan pada orang Taiwan, kok kalian disalahkan
semuanya yang mana tidak ada sangkut paut dengan The Epoch Times.
Lalu, apa salahnya menjadi orang Taiwan? Hidup dengan bebas, tidak
ada rasa ketakutan, dan HAM-nya dilindungi negara. Sedangkan kasihan
pada orang PRC: hidup di bawah bayang-bayang ketakutan, HAM-nya
dilanggar terus-menerus, tidak bisa leluasa membaca berita (karena
telah disensor), jika ada saja sedikit pikiran yang berbeda dengan
PKC, maka langsung diciduk.

< Lha itu dia memanfaatkan kebodohan publik untuk memperoleh simpati
dan
suara,…>

Menurut saya: Wah, masak publik semuanya bodoh semua?

<….. tuduhan Hu Jintao bahwa Falun Gong memang bermain di politik yang
bermaksud
menggulingkan pemerintah…..>

Menurut saya: nama Falun Gong dijelekkan dan difitnah, lalu
praktisinya disiksa dengan begitu sadis, bahkan sampai mati; apakah
tidak boleh untuk membela diri? Apakah harus duduk diam di pojok situ
sesuai keingingan PKC? Lalu mereka keluar untuk membela diri, mencari
keadilan, menyingkap kejahatan PKC, itu dinamakan berpolitik! Apakah
logis! Seorang pencuri saja ditangkap, dia juga dikasih kesempatan
untuk membela diri. Dimana keadilan ini?

Salam,

Hai Jin

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM