--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Yan Widjaja
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   Pendapatku beda,
>   Owe adalah sebutan merendah dan sangat sopan untuk diri sendiri
oleh lelaki Tionghoa bila berbicara dengan sesama orang Tionghoa
yang lebih tua (misal orang tua, engkong-emak, empek-encim, engkoh-
enci, calon mertua) atau untuk orang yang sangat dihormati (misal
bos, direktur, atau pimpinan), bukan untuk orang yang sederajat
(misal kawan seusia, sepantaran).

=================
MJ : setuju!
==================

> Sampai hari ini, sebutan owe masih lazim didengar, khususnya di
> kalangan Tionghoa Jawa Tengah.

=====================
MJ : setuju bahwa jawa tengah masih kuat adat-istiadat
ketionghoaannya.  hal lain, awal tahun tujuhpuluhan, saya diajak
mama/papa ke jawa tengah (Purwokerto) minap dirumah teman masa
kecilnya yang baru ketemu lagi setelah puluhan tahun. disana saya
merasa agak terganggu juga sama kebudayaan tionghoa yang masih
melekat kuat diantara mereka. kalau pertama kali ketemu untuk
perkenalan mesti pai-pai dulu sih masih bisa diterima deh. tapi
rasanya kok mesti ber-kali2 melakukan itu. iya enggak sih, seingat
saya rasanya tiap keluar rumah mesti pai pai dulu sama yang lebih
tua.

>   Asal-usulnya diduga berasal dari kata "Wo" yang memang berarti
Aku, diperkirakan sejak tahun 1900-an sudah digunakan oleh kalangan
Tionghoa, terlihat dari buku-buku bacaan, novel, majalah dan koran
terbitan era tersebut.

>   Tapi khusus mengenai tayangan di teve, memang itu untuk
guyonan/dagelan belaka, menjadi trademark pelawak asal Bandung
anggota De Kabayan yang aslinya berdarah Sunda (saya pribadi
mengenalnya),  almarhum Suryana Fatah (pemeran Babah Ho Liang),
sekarang dilanujutkan oleh putranya.
>   Tentu saja di zaman sekarang mana ada lelaki Tionghoa yang masih
pakai tauchang (rambut dikuncir) seperti ciri khas si Babah Ho
Liang?

>   Itu kan cuma di fragmen lawakan teve belaka, karena kuncir sudah
digunting dari era Dr Sun Yat Sen pada tahun 1940-an dulu. Atau
dilakukan oleh Jet Li saat berperan sebagai Tabib Huang Fei-hung
dalam film karya Tsui Hark, Once Upon a Time in China.
>   Begitu,
>   Yan W.
>
> "Martha J." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM