Quoting [EMAIL PROTECTED]:

> Istilah Tionghua sendiri dengan demikian bukan berarti merujuk pada orang
> Hokkian saja. Bahasa Tionghua bukan berarti cuma bahasa Hokkian, budaya
> Tionghua pun bukan berarti cuma budaya Hokkian. Dan, orang Tionghua pun
> bukan berarti orang Hokkian.
>
> Istilah Chinese itu adalah istilah dalam bahasa Inggris, sedangkan China
> adalah sebutan dalam bahasa Jepang. Balik lagi ke bahasa Indonesia, untuk
> diindonesiakan, mau pakai istilah yang mana? Kalau diserap dari istilah
> Inggris atau Jepang, ya Cina. Kalau dari Hokkian, ya Tionghua. Dan
> [...]

 Mas Suryadi,

Saya melihatnya bukan dari sudut pandang tekstual tetapi lebih kepada
kontekstual.Dimana istilah "Cina" telah memberikan suatu stigma yang negatip
pada jaman orde Baru.Oleh sebab itu para generasi tua agak alergi terhadap
istilah Cina.Mereka menggunakan istilah Tionghoa untuk menghapuskan semua
stigma tersebut.FEnomena ini tentunya banyak berlaku untuk generasi tua
sedangkan untuk yang anak-anak muda lebih tidak peduli dengan istilah
tersebut.Hal ini disebabkan mereka mungkin tidak pernah mengalami periode
penindasan yang cukup menyakitkan (dicino-cino kan).
Bagaimana pendapat anda................

salam

loek's

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/wlSUMA/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM