Sdr.Irawan ,

18 LoHan 十八 羅漢 adalah 18 arahat menurut pemahaman Buddhism
Tiongkok.
Sebenarnya masih ada yang disebut 16 arahat , 500 arahat.
18 arahat ini adalah 18 murid Buddha Gautama yang ditaruh di kiri
kanan aula DaXiong 大雄 寶殿.
18 arahat ini berangsur-angsur menggantikan 16 arahat yang
sebelumnya.

SanGuan DaDi 三官 大帝 bermula dari Taoism yang didirikan oleh Zhang
DaoLing å¼µ é"陵.
Ada 3 yaitu TianGuan 天 官﹐ DiGuan 地官 dan ShuiGuan 水 官.
Sebenarnya kepercayaan ini berasal dari kepercayaan rakyat kuno dan
diadopsi oleh Zhang DaoLing.

Asal usul SanGuan DaDi itu ada banyak , antara lain :
1.Perubahan dari pergerakan 3 dari 5 unsur
2. 3 tokoh yang bernama Tang Hong å" 宏 , Ge Yong è`› 雍, Zhou Wu å`¨
武. Ke3 nya diberi gelar TianMan SanJiangJun 天 門 三 將 軍 (3 Jendral
Pintu Langit)dan ketika meninggal menjadi dewa.
3.3 anak dari YuanShi TianZun 元 始 天 尊, dimana pada hari ShangYuan
tgl 15 bulan 1 dari mulut YuanShi mengeluarkan bayi kemudian pada
hari ZhongYuan (tgl 15 bulan 7) dan hari Xia Yuan ( tgl 15 bulan 10)
juga mengeluarkan bayi dari mulutnya. Ke 3 anak ini adalah kaisar
Yao , kaisar Shun dan kaisar Yu.

QingShui zhushi adalah bhiksu yang hidup pada masa dinasti Song dan
bertempat tinggal di MinNan ( Fujian) kabupaten YongChun.
Perilaku semasa hidupnya yang selalu membantu rakyat dalam kesulitan
membuat ia lebih dikenang dan dihormati oleh rakyat jelata
dibandingkan bhiksu-bhiksu scholar pada jamannya.

Hormat saya ,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, raharjo irawan
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Semarang, 22 November 2005.
>

> Salam,
>
> Mohon bantuan informasi dari rekan-rekan yang
> mengetahui sejarah / hikayat dari :
>
> a. 18 Lo Han.
> b. San Guan Da Di.
> c. Qing Cui Zu Shi.
>
> Atas bantuannya, saya mengucapkan terima kasih.
>

> Hormat saya,
> Irawan

> Yahoo! Messenger - NEW crystal clear PC to PC calling worldwide
with voicemail http://uk.messenger.yahoo.com

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/LeSULA/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM