Rekan Onny,

Perkenankan saya membantu menjawab sebisanya.

xxxxxx:
> ³Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina²
>
> Ini pernah dan sering dibahas sebagai hadis yg diragukan
> keshahihannya..
> Why? Karena jaman Nabi Muhammad SAW, Cina belum cina-lah
> namanya..

hy:
Aslinya dalam bahasa Arab memang bukan Cina/China, tapi Shin/Sin.
Mengenai "Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina" itu adalah terjemahan
dalam bahasa Indonesianya.

xxxxxx:
> bahkan bangsa2nya masih belum menyatu menjadi sebuah bangsa
> (Cina)..

hy:
Ini kurang tepat, Tiongkok sudah dipersatukan semasa dinasti Qin oleh
Qin Shi Huang pada abad ke 3 BCE.

onny:
> - Apakah ³Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina² memang ada
> dalam hadits?

hy:
Ini saya tidak berkompeten untuk menjawabnya, mungkin sesepuh ABS
bisa memberikan sedikit pencerahan ?

onny:
> - Seperti apa Cina pada zaman Nabi Muhammad? Dinasti apa
> yang sedang berkuasa? Sebesar apa kekuasaan Dinasti
> tersebut (dalam pengertian luas wilayah, dan kebudayaan).

hy:
Pada masa itu di Tiongkok adalah jaman dinasti Tang yang merupakan
salah satu puncak kejayaan Tiongkok dalam sejarah, kalau tidak mau
dikatakan masa paling jayanya Tiongkok. Dinasti Tang menguasai
seluruh daratan Tiongkok sekarang, minus Taiwan, menguasai asia
tengah sekitar setengah jalur sutra, menjadikan Annam (Vietnam) dan
Koryo (Korea) sebagai negara vassal. Pada jaman itu, Tiongkok adalah
tempat yang paling terkenal maju dalam budaya dan teknologinya.

semoga membantu,
hy

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM