Bung Hendri yang budiman:
Maafkan bila saya memberi komentar.Menurut saya baris
keempat baiknya diterjemahkan dengan:"Pada usia
empatpuluh tahun aku tidak sangsi atau ragu ragu"
Baris kelima lebih tepat bila di terjemahkan
dengan:"Pada usia limapuluh aku tahu amanat Tuhan".
Menurut pendapat saya Kong Hu Cu memang percaya kepada
Tuhan, walaupun dapat dipersoalkan kepercayaannya akan
Tuhan yang pribadi (personal God) atau yang bukan
pribadi. Bila diterjemahkan dengan: "tahu tujuan
hidupku" seakan akan beliau hanya ada kemauan sendiri
tanpa ada kepercayaan akan Tuhan atau akan nasib. Ini
kiranya kurang tepat.
Peter Liem

--- Hendri Irawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Lun Yu
> Bab 2 Ayat 4
>
> Kong Hu Cu berkata:
>
> "Pada usia lima belas, aku terdorong untuk belajar.
> Pada usia tiga puluh, aku mengukuhkan pendirianku.
> Pada usia empat puluh, aku tak lagi bermimpi.
> Pada usia lima puluh, aku tahu tujuan hidupku.
> Pada usia enam puluh, aku mengenali kebenaran dalam
> semua hal yang
> kudengar.
> Pada usia tujuh puluh, aku dapat mengikuti kata
> hatiku tanpa berbuat
> salah."

http://mail.yahoo.com

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/cRr2eB/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM