Sent: Thursday, December 29, 2005 12:30 PM
Subject: Ada datanya? (Re: [budaya_tionghua] kenapa etnis Tionghoa lbh milih berkiblat ke budaya barat dp budaya Tionghoa?)

Apa iya ini sebab utama?
Rasanya agama-agama Barat (katakanlah Katolik dan Protestan) sudah menjadi agama mayoritas di kalangan Tionghoa di Indonesia sejak 100 tahun yang lalu, dan keimanan mereka tidak ada hubungannya dengan situasi 35 tahun terakhir...

Saya katakan "rasanya", karena saya tidak punya data statistik, tetapi pengalaman saya sendiri selama 55 tahun terakhir menunjukkan bahwa dari antara, katakanlah, 20 teman-teman saya yang orang Cina, hanya ketemu 1 yang Konghucu.

Pasti lah pengalaman pribadi saya itu belum tentu data yang valid.
Tetapi apakah Paparaca-heng juga punya data yang membuktikan bahwa sebelum 1965 orang Tionghoa di Indonesia kebanyakan pemeluk Konghucu (atau, katakanlah, Tri Dharma), dan lalu sampai 1998 berangsur-angsur jadi pemeluk Katolik dan Protestan?

Atau, nggak usah data statistik yang valid lah, cukup analisis pribadi semacam yang saya simpulkan dari pengalaman saya di atas itu, Paparaca-heng punya nggak?
Bahkan, ini lagi-lagi dari pengamatan saya pribadi atas sobat-sobat saya yang orang Tionghoa, sejak 20-an tahun terakhir ini malahan lebih banyak orang Cina yang tadinya Katolik atau Protestan yang pindah menjadi Konghucu/TriDharma dan (ini lebih banyak) Islam!

Wasalam.