Mahafff  numpang komentar, biarpun saya tahu permasalahan agama bukan disini tempat membahasnya, dan bisa dipelototin Steve-Heng kalu berani OOT tidak pada tempatnya, hehehe, tapi berita yang merebak belakangan hari ini bener bener bikin saya gatel untuk komentar, dan memperbandingkan.

Udah pada denger khan tentang satu komunitas sempalan Islam yang dipimpin oleh Lia Eden? Yang katanya kepingin membangun menara Allah dan mendirikan kerajaan surga itu? Yang terus mengaku sebagai malaikat jibril dan menobatkan putranya sebagai nabi Isa?

Nah, sewaktu mendengar berita itu sih saya bergeming. So what gitu lhoh. Tapi semalam untuk pertama kalinya bisa duduk ngikutin siaran berita, tahu-tahu melintas dipikiran kok mirip ya sama kisah awal pembentukan tai ping thian guo?

Yang pemimpinnya belajar agama kristen, terus belajar baca kitab suci, terus menterjemahkan ke dalam bahasa mandarin dengan tambahan penafsirannya sendiri, terus saking njlimetnya mempelajari tahu-tahu menganggap diri suci, adiknya Yesus Kristus, dan karena Yesus sudah diberikan kerajaan di Surga maka sesuai tafsirannya akan alkitab, jadilah kerajaanMu dibumi, maka akan mendirikan kerajaan surga di bumi, yang akan dipimpinnya sendiri sebagai raja.

Yang mengherankan adalah, kok bisa yah banyak orang percaya dan mau mengikut dia. Apa penyebabnya? Apakah situasi sosial, situasi politik  yang menyebabkan semakin banyak orang kecewa dan berpaling mencari harapan lain?  Atau hanya lantaran kepengen percaya aja, atau lantaran lebih masuk akal, atau lantaran pemimpinnya menjanjikan apa?

Soal pemberontakan taiping kalau tidak salah pernah dibahas ya? apa bisa kasih info ancer2 nya kapan? Jadi kepingin baca-baca lagi.