sdr.Paparaca,

terlebih dahulu saya katakan bahwa saya bukan ahli qigong.

Mengenai "dan" yang anda katakan itu kira-kira berada pada kantung
kemih bukan ?
Apakah anda yakin itu "dan" bukan batu atau benjolan yang bukan
tumor ?
Periksa itu terlebih dahulu.
Dan ingat ada 3 DanTian bukan hanya DanTian bawah saja.

Karena konon mereka yang memiliki "dan" dan masuk ke dalam perut
kecil itu sudah menggenggam takdirnya dan bukan ada ditangan mahluk
adikodrati.

Sebelum berbicara masalah "dan" atau kita anggap membuat atap rumah,
tentunya ada tiang pondasi yang harus ditanam terlebih dahulu.
Pondasi itu adalah JingZhuo, DaoYin, TuNa.
Fungsinya adalah membuat 3 pusaka tubuh yaitu Jing, Qi dan Shen
menjadi seimbang dan tidak kekurangan.
Mengolah Jing menjadi Qi, menembusi meridian Ren Du, baru diletakkan
di DanTian bawah. Dalam pengertian adalah Jing dan Qi melebur
menjadi satu. Ini langkah awal membuat Dan.

Ada beberapa orang yang mengatakan bagaimana mengalirkan Qi ?
Mayoritas mengatakan "Qi ditaruh di DanTian" atau "Fokus perhatian
kepada DanTian". Dan rata-rata menunjuk atau mengarah kepada DanTian
bawah. Harap berhati-hati karena cara ini bisa mengakibatkan zhou
huo (cat:hilangnya keseimbangan api atau tidak seimbangnya meridian
pemanas tubuh).
Cara ini disebut Shou Qiao (cat:mengamati Qiao) atau kadang disebut
CunShen ´æÉñ (cat:menyimpan semangat).

Harap diingat bahwa antara DanTian bawah ada titik QiHai dan MingMen.
Jika tidak berhati-hati bisa membuat fisik menjadi cepat lelah,
ejakulasi premature, nafsu sex meningkat, suhu tubuh tidak stabil.
Bagi wanita, bisa menyebabkan keguguran bagi mereka yang hamil, mens
yang tidak teratur, pendarahan ketika melahirkan.
Karena itu mereka yang mengajarkan QiGong harus mengerti meridian
tubuh dan pergerakan qi.

Yang menurut saya ahli qigong yang mengajarkan Taoism meditation dan
pemahaman yang luas mengenai meridian tubuh adalah prof.dr.Li
ShaoBo. Beliau membuka kelas meditasi ZhenQi di Indonesia. Menurut
member milist ini yang juga murid beliau, pernah ditanyakan kenapa
tidak disebut meditasi Tao. Jawabannya sungguh ironis sekali.
Disebut meditasi ZhenQi karena mungkin takut dianggap mistik dan
berbau agama.
Padahal jelas-jelas NeiJing Tu (cat:peta inner meridian) yang
digunakan sebagai bahan pokok pelajaran itu ada di BaiYun Guan,
Beijing.
Mungkin karena di masyarakat sudah berkembang pemahaman bahwa Taoism
itu mistik, magic, occultism sehingga pandangan masyarakat juga sama
ketika mendengar Taoism meditation.

Yang membedakan antara meditasi Taoism dan Buddhism mungkin pada
pola pemikiran. Misalnya Taoism (cat:tepatnya DaoJia, bukan DaoJiao)
menitikberatkan XingMing ShuangXiu ÐÔÃüË«ÐÞ.
Maknanya kurang lebih melatih tubuh yang sehat dan sifat yang
positif. Dengan itu baru bisa mencapai kebijaksanaan dan mencapai
Dao.

Xiu Dao Cheng Xian (cat:saya artikan menjalani Dao menjadi Xian)
atau terkadang disebut De Dao Cheng Xian (cat:mencapai Dao menjadi
Xian) itu yang menjadi fokus seorang Taoist.
Tidak pernah ada peribahasa dikalangan Taoist itu LianDan Cheng Xian
(cat: mengolah pil menjadi Xian).

hormat saya,

XuanTong

PS : saya rasa topik ini lebih baik ditutup.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "paparaca88"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> --- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Hai Jin <[EMAIL PROTECTED]>

> pula.
> yang
> mereka

> salam
> sy kira kok beda antara 'dan' dg relic, 'dan' itu bs dirasakan,
> bahkan bs disentuh, letaknya di tan dien, kira2 4 jari dibawah
> pusar, dan bentuknya bulat menyerupai telur, tentunya ada di bwh
> kulit, 'dan' itu timbul krn latihan tao ciao qi kung, mungkin
rekan
> yg ahli dlm hal ini bs membantu jelaskan.
> wassalam
> [...]

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/CHhStB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM