Sdr. Karang Terjal,

Koq, merembet ke yang lain ya?

Setelah Anda menunjukkan link message YQL yang pertama, saya baru
menyadari keteledoran saya. Saya ingat, waktu itu saya hanya baca
sekilas, tidak menaruh perhatian banget, dan beberapa hari kemudian
message yang sudah lama biasanya didelete. Lalu terjadi diskusi, dan
YQL sekali lagi mengirim message yang menyatakan kebingungannya. Saat
itu saya benar-benar sudah lupa isi message yang pertama (ya karena
tidak menaruh perhatian, cuma baca sekilas, bukankah diawalnya saya
tulis Untuk YQL yang bingung). Dengan niat baik memberi pendapat
kepada YQL agar berhati-hati dalam menerjemahkan kitab Kong Zi. Sama
sekali tidak ada niat menjatuhkan YQL atau menakut-nakuti. Justru
khawatir disalahpahami, saya lebih dulu menyatakan maaf. Kalau memang
ada yang salah pada diri saya, silakan salahkan diri saya, jangan
membawa-bawa orang lain yang tidak ada hubungan apapun dengan ini!
Kalau Anda diperlakukan begini, Anda juga tidak mau kan?

Saya rasa perlu meluruskan beberapa hal yang Anda utarakan:

- Menghina ajaran lain? Ada beberapa orang berpendapat begini, bukan
berarti merupakan suatu kebenaran. Namun, juga ada beberapa orang
berpendapat sebaliknya, itu juga bukan suatu kebenaran. Lalu
kebenaran itu apa? Menurut saya, segala macam pendapat selalu eksis,
tidak mungkin seragam.
- Lebih tinggi dari Buddha? Setelah saya cek buku Zhuan Falun versi
bahasa Mandarin dan Inggris, di situ tidak terdapat kalimat:
“Tathagata (Buddha pada tingkat yang paling rendah)”. Hanya versi
bahasa Indonesia yang ditulis begini. Malahan versi bahasa Inggris
ditulis begini: “Tathagata is an enlighted being with fruit status in
the Buddha School who is above the level of Bodhisatva and Arhat” Ini
adalah kesalahan dari si penerjemah (yang menerjemahkan hanya satu
orang). Saran dari Sdr. Xuan Tong untuk direvisi menjadi masukan bagi
kami.
- Memanipulasi data kejadian? Saya katakan bahwa penindasan di sana
itu terlalu kejam. Saya pernah bertemu beberapa praktisi yang
berhasil keluar dimana pernah mengalami penyiksaan. Salah satu dari
mereka akhirnya meninggal, kondisi tubuhnya sangat menyedihkan.
- Melarikan diri keluar Tiongkok? Master Li sudah imigrasi ke Amerika
sejak tahun 1998, setahun sebelum FG dilarang. Bagaimana ini
diartikan melarikan diri?
- Hidup dengan kemewahan? Saya tanya siapa yang dengan kepala mata
sendiri langsung melihat Master Li hidup kemewahan?
- Memperkarakan hukum? Ini kan masalah pendapat pribadi Sdr. Eddy,
kenapa mesti harus disamaratakan dengan satu kelompok? Kalau masalah
pendapat pribadi, diselesaikan atau diskusikan dengan yang
bersangkutan, jangan menyeret-nyeret yang lain.
- Menyarankan berkorban demi pembebasan muridnya? Apakah kalian tahu
sesosok apakah rejim komunis itu? Sejak berdiri sampai sekarang tidak
berhenti menjegal orang. Lalu mengharapkan keadilan dari mana bila
diserahkan kepada rejim otoriter ini? Kalau diserahkan kepada rejim
ini, apakah dia akan melepaskan murid-muridnya? I don’t think so.
- Sebagai tambahan: saya mengatakan bahwa FG tidak anti Tiongkok. Apa
yang diakukan oleh praktisi FG adalah mengklarifikasi fakta tentang
penganiayaan. Lalu kenapa begitu intensif dan begitu luas? Pertama,
karena praktisi FG ada dimana-mana. Kedua, fitnahan yang ditiup oleh
rejim komunis ini menyebar ke seluruh dunia, maka perlu sekali
mengklarifikasi fakta ke seluruh dunia, agar orang-orang tersadarkan,
jangan sampai teracuni propaganda fitnahan. Ini adalah jerih payah dan
pengorbanan praktisi FG, tidak ada dukungan dana dari negara manapun.
Jika punya bukti, tolong ditujunkkan kalau mendapat bantuan dana dari
negara lain, jangan hanya berbicara. Kemudian, harus dibedakan dengan
jelas antara Tiongkok dengan rejim komunis. Rejim komunis adalah
terdiri dari segelintir orang, sedangkan Tiongkok merupakan seluruh
komponen bangsa Tionghoa, termasuk rejim komunis itu sendiri
didalamnya. Yang kami tentang adalah penindasan yang dilakukan oleh
rejim komunis, bukan negara Tiongkok. Mohon sangat untuk membedakan
dengan jelas. Kami hanya berusaha untuk menghentikan penindasan,
tidak ada niat untuk mengejar kekuasaan ataupun kedudukan apapun.
- Sdr. Liang U, saya mencermati tulisan Sdr, ada pesan peringatan bagi
kami. Saya mengucapkan terima kasih atas perhatiannya. Penyiksaan di
sana terlalu kejam, tidak bisa didiamkan begitu saja. Masalah
digunakan oleh negara lain, saya hanya bisa bilang berhati-hati
melangkah.

Kembali ke topik semula. Saya merasa kurang bijak bila menggunakan
nama Kong Zi dan ajarannya untuk menyudutkan pihak lain, sedangkan
yang diomongkan belum terbukti kebenarannya.

Terima kasih.

Hai Jin

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/CHhStB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM