Sobron Aidit :

SURAT BUAT MEMBER AKSARASASTRA dan PEMBACA SAYA

Semoga lancar - semoga diberkati Tuhan - saya mau ke Nusantara - yang pokok
Jakarta - lalu di sekibr Jabar - Jateng dan Jatim - ini sekiranya ada
kesempatan. Saya berangkat tanggal 9 hari Senen ini. Lamanya kira-kira lebih
satu bulan.

Apa keperluan pokoknya? Seperti sudah saya tulis - saya ini adalah tukang
berjaja - tukang jualan. Yang saya jual adalah naskah buat diterbitkan. Jadi
pekerjaan saya akan banyak ke beberapa penerbit. Antaranya ke Grasindo -
Gramedia - Gunung Mulia - Garba ( Utan Kayu - mas Stanley, sekitarToko
Buku-Kalam - Tempo ). Lalu Nuansa Cendekia di Bandung. Jadi bakal
mondar-mandir antara rumah - wanet - kantor-penerbitan - toko-buku dan lalu
TIM dan Utan Kayu - tempat bertemunya banyak sastrawan-budayawan. Sekitar
itulah maksudutama saya ke Jakarta dan Bandung. Kalau mungkin dan ada
penerbitanyang sudah siap - termasuk me-launching-kannya - dan
temu-muka-temu wicara dengan para pembaca sambil menandatangani
buku-bukuyang mereka beli. Saya sudah tawarkan kepada beberapa penerbit-
sekiranya mereka mau - saya siap sedikit ceramah atau secara sederhananya -
omong-omong tanya-jawab dengan para pembaca- pembeli buku itu,-

Lalu, saya sangat ingin nonton petunjukan drama - sandiwara - dan baca-puisi
atau baca cerpen. Kapan ya Rendra atau siapa saja yang mau baca-puisi -
tolong kasitahu saya - saya mau hadir mau nonton - mau banyak belajar. Lalu
saya mau ketemu dengan sanak-keluarga - handai taulan. Mau ketemu banyak
teman  termasuk teman wanita tentunya kan.

Dan yang ini bagian penting juga saya kira! Saya mau nongkrong. Mau cari
makanan enak - mau cari jajan kue-kue atau nyamian. Yang sudah ada dalam
kepala saya, betapa inginnya saya makan - nongkrong makanankesukaan saya.
Apa itu? Saya sangat ingin makan karedok - pecel - kacangrebus - jagungrebus
- serabi - bajigur - bandrek - telurpenyu-rebus - laksa - asinan-Jakarta -
dan eskrim buatan Indonesia. saya sangat tertarik dan hanya mau makan
makanan yang nggak ada di kampung saya di Paris! Di Paris mana ada karedok-
laksa - serabi - asinan Jakarta!

Nah, perkara cari makanan di berbagai kakilima - dan warungtegal ( warteg )
serta restoran-kecil - sederhana - saya sangat suka. Dulu ada teman saya
dari "Jalansutra" yang dengan rela mengajak saya nongkrong - cari makanandi
pasar rakyat. Tapi sekarang ini dia sudah sangat tidak suka pada saya -
nggak mau lagi hubungan dengan saya - sayadengar katanya dia takut. Entah
perkara apa yang ditakutkannya saya sendiri nggak tahu - padahal saya nggak
ada macam-macam - hanya satu macam saja : mau bersahabat baik saja!

Tapi sudahlah - kan lain kepala lain pikirannya - lain orang lain tabiatnya.
Ya kan?

Itulah yang pokok saya ke Nusantara kali ini. Semoga akan lancar-lancar saja
dan smooth, Saya tetap akan menulis buat para member AKSARASASTRA dan para
pembaca saya. Tulisan ini saya kirimkan dari Jakarta - atau dari Bandung -
atau dari Solo - Madiun - Yogyakarta atau lainnya. Tapi nggak bakalan dari
Magetan- di sana nggak ada warnet!

Nah, begitulah dulu. Sampai bertemu di Nusantara entah di kota mana,-

Salam hangat dan akrab,-

si simon SOBRON AIDIT,-

7 Januari 06,-

Clean water saves lives.  Help make water safe for our children.
http://us.click.yahoo.com/CHhStB/VREMAA/E2hLAA/BRUplB/TM