Terima kasih atas tanggapannya. Mungkin juga maksudnya pemain opera.
Saya kepengen sekali tahu soalnya menurut mama saya, great grand
father saya dari papa adalah pemain wayang orang terkenal dari
Tiongkok dan diambil menantu oleh orang tionghoa Indonesia yang
hanya punya anak tunggal perempuan. Merekalah cikal bakal keberadaan
saya didunia. Jadi tertarik juga mengetahui kehidupannya yang
mungkin lahir sekitar th.1850 - 1870
Mama sudah meninggal 7 tahun lalu dan papa sebelumnya. Jadi enggak
bisa lagi di-tanya2. Keingin-tahuan baru muncul sekarang setelah
mengenal milis ini yang banyak membahas budaya tionghoa.

Terima kasih kalau anda atau siapa saja bisa menguak tabir kehidupan
mereka. Baik atau buruk ceritanya, akan saya terima dengan dada
lapang.

salam,
MJ

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "skala selaras"