----- Original Message -----
Sent: Thursday, January 12, 2006 4:01 PM
Subject: Re: [tioin59] Fw: Tionghua Cirebon - Tan Sam Cay?

Tan Sam Cay, seseorang yg terkenal dlm sejarah Cirebon. Ia mmg menjabat sbg Menkeu kesultanan. Sbg tangan kanan Sunan Gunung Jati (Toh a-Bo), ia menjadi sosok yg berkuasa.

Tetapi Tan Sam Cay yg berambisi besar akhirnya membelot dan mengkhianati sang Sunan. Mula2 beraliran Konghucu, ia menyatakan msk Islam dan kemudian menjadi murtad.

Setelah pemurtadan terjadi, ia coba merebut kekuasaan setelah SGJ wafat namun dikalahkan salah seorang turunan dr Laksamana Gong Wuping (wakil Laksamana Zheng He) yaitu org yg disebut dlm sejarah pribumi sbg Muhammad Maryani.

Tan Sam Cay didewakan sbgn masyarakat non-muslim Tionghoa Cirebon dan ia disembah di kelenteng. Tetapi sesungguhnya saat ia meninggal, ia dikuburkan secara Islam atas kehendak istrinya.