Arifin Tanzil menulis:

Bang Rinto dalam feed backnya sdh positif dan santun (dgn pertanyaan yg positif utk anda/kita berpikir) sayangnya anda menanggapinya dgn tidk cukup hormat dan baik.

Rinto Jiang:

Wah, barusan week-end 2 hari tidak sempat online, hari ini saya lihat sudah hampir panjang sekali polemik akibat postingan tentang klenteng ini.

Saya tidak baca satu2 posting dan tanggapan semua teman2 yang berdiskusi di sini. Setelah saya baca baik2, rupanya saya memang salah paham dengan Bung Andre Susanto yang saya tanggapi postingannya itu. Postingan Bung JD saya tidak lihat, karena saya tidak punya banyak waktu untuk melihat satu2 posting anggota di sini. Jadi, sebuah postingan baru akan saya baca bila diposting oleh anggota yang saya sudah percaya kredibilitasnya. Yang tidak menarik bagi saya tidak akan pernah saya baca.

Jadi, maaf saya haturkan dulu kepada Bung Andre bila dalam postingan saya ada yang tak sopan. Demikian pula dengan tanggapan dan kritik Bung Arifin Tanzil, saya terima dengan lapang dada.

Saya harap, bila semuanya telah jelas akan duduk masalahnya dan tidak emosional dalam menanggapi sebuah posting, diskusi ini disudahi saja sampai di sini.

Untuk Bung Filsuf (JD), cara omong menghujat agama dan kepercayaan orang lain saya kira tidak cocok di sini di milis ini. Bung Filsuf saya tegur karena ia yang pertama memulai polemik ini. Tentu saja ada anggota lainnya yang juga menghujat balik, mohon diperhatikan supaya tidak dijatuhi sanksi moderasi. Terima kasih.

Rinto Jiang