sdr.Petrus,

kisah yang menarik tapi ada yang ingin yang saya komentari sedikit.

Sebenarnya yang dimaksud bank neraka bukan neraka dalam arti
sesungguhnya tapi adalah alam baka atau alam sesudah kematian.

Pemikiran dari jaman dahulu sebelon KongZi lahir sudah mempercayai
bahwa orang yang meninggal itu adalah pindah alam.

Seiring dengan ditemukannya kertas maka benda-benda sungguhan tidak
lagi ikut masuk liang kubur tapi cukup dibakar saja.

Kaisar Qin ShiHuang adalah kaisar pertama yang bisa dikatakan tidak
lagi menguburkan orang hidup untuk pelayannya di alam baka.

KongZi mengubah praktek RenXun atau penguburan manusia sebagai
pelayan di alam baka.
Qin ShiHuang juga menggunakan terracota sebagai ganti para
pasukannya dan sikap itu karena atas anjuran Li Shi.

Sejak jaman setelah KongZi memang praktek itu sudah bisa dikatakan
berkurang banyak bahkan perlahan-lahan lenyap, seiring dengan
ditemukannya kertas, maka dibuatlah pelayan-pelayan dari kertas.
Yang mana "pelayan" di alam baka itu adalah roh-roh gentayangan yang
tidak mendapat perawatan dari keluarga mereka.

hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Petrus Gunadi Omas"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
lengkap
> dengan perabotannya, kendaraan, pembantu, lantakan emas, dan
gebokan uang.
> Benda-benda yang seluruhnya terbuat dari kertas itu dikirimkan
bukan via
> FedEx atau Tiki, melainkan dengan cara dibakar.
>
> Rumah untuk bekal itu dibuat dengan cukup presisi. Ranjang, sofa,
meja
> rias, lemari, dan perabot lain dibuat dengan skala yang tidak
> asal-asalan. Di ruang tamu ada sofa, TV plasma layar lebar, dan
> perangkat home theatre. Kamar mandinya dilengkapi bath tub segala.
Di
> [...]
pengemudi
> bernama Bejo. Lalu, ada pesawat terbang yang berulang kali saya
intip
> namun tak terlihat pilotnya. Kendaraan tradisional beroda tiga,
becak,
> tak lupa disertakan. Terakhir, tandu seperti yang seringkali
dijumpai di
> film silat.
>
> Hal kecil namun tak boleh dilupakan, telinga seluruh pemikul tandu,
> pesuruh di rumah kertas, maupun pengemudi kendaraan harus dilubangi
> menggunakan jarum. Di dada mereka juga harus dituliskan nama.
Tanpa dua
> hal itu, mereka akan tuli dan terkirim ke alam baka tanpa nama.
>
> Seluruh barang yang dikirimkan juga harus ditempeli foto orang yang
> meninggal. Filosofinya, agar barang tersebut setiba di tempat
tujuan
> tidak menjadi barang tak bertuan.
>
> Satu hal menarik lagi, di lembaran uang yang dikirimkan tertulis
> penerbitnya adalah The Hell Bank Corporation. Tentu sejak semula
saya
> tak pernah berpikir kalau yang tercetak di sana adalah Bank
Indonesia.
> Namun, kenyataan bahwa yang tertulis adalah Bank Neraka sungguh
> mengherankan. Mengapa bukan The Heaven Bank Corporation atau The
Nirvana