Sobron Aidit :

O B R O L A N  dari  J A K A R T A

Semua barang - bahan dan apa saja naik. Salah satu perbandingan yang saya
alami sendiri. Dulu tahun 2005 bulan Agustus - ongkos dan dana sehari-hari
saya di luar makanan - berkenaan dengan pekerjaan setiap hari.

Angkot l = nomor 97 = 2000 rupiah
Angkot 2 = nomor 112 = 2000 rupiah
Ongkos warnet setiap hari-kerja = 6000 rupiah.
Total kerja-harian = 10.000 rupiah plus 4000 rupiah dengan pergi-pulang =
14.000 rupiah.

Kini bulan Januari ini sudah naik.
Angkot 1 = nomor 97 = 3000 rupiah
Angkot 2 = nomor 112 = 3000 rupiah
Terkadang naik ojek - sebab kini Angkot yang dulu lewat depan rumah kami -
kini sudah mengalihkan jalur angkotnya.
Ojek = 4000 rupiah.
Ongkos warnet saetiap hari-kerja 8000 rupiah.
Total kerja-harian = transportasi pergi pulang saja = 20.000 rupiah plus
warnet = 28.000,-jadi naik dua kalilipatnya = dulu 14.000 rupiah kini
menjadi 28.000 rupiah sehari.

Tahun lalu naik kereta Jakarta - Bandung - kereta eksekutive seharga 70.000
rupiah. Kini naik menjadi 75.000 rupiah. Makanan yang dulu beberapa bulan
yang lalu, semua naik.

Menurut pengamatan saya - dulu antara tahun 1993 sampai tahun 2000,
warung-makanan sederhana yang paling banyak yalah Warteg - Warung Tegal.
Kini beralih. Warung-makanan yang paling banyak yalah Warung Nasi Padang -
atau Restoran Minang - Makanan Minang. Pokoknya makanan yang serba Padang
dan Minang. Perubahan ini sangat jelas dan nyata.

Sekarang kota Bogor sudah menjadi besar dan ramai dan penduduknya sangat
padat dan kotanya berkembang luas dan melebar. Tapi yang namanya stasiun
Kereta-nya nggak ada perubahan dari sejak yang saya tahu tahun 1949. Kecil -
kotor dan nggak teratur! Nggak sepadan dengan nama yang disandangnya sebagai
Kota Bogor yang dulu Buitenzorg. Orang banyak lupa dan merasa nggak perlu
tahu dan nggak perlu ingat bahwa Kebun Raya Bogor itu adalah Kebun Raya yang
terbaik - terlengkap di duni! Di dunia!

Sekarang ini secara jadwal musiman - adalah musimhujan. Di Jakarta setiap
hari selalu hujan. Hujan mulai datang pabila sore dan menjelang malam. Ada
segi enaknya - hawanya nggak terlalu panas seperti musimkemarau. Ada
mainan-kata tentang tanahair kita ini. Katanya pabila musimhujan - maka
bahaya banjir - bahaya longsor akan selalu mendekat-dekat dan menyelimuti
bumi kita. Pabila musimpanas - maka bahaya kekeringan dan bahaya kebakaran
selalu saja timbul dan banyak daerah terkena. Pabila keadaan ekonomi sudah
demikian parah - banyak perampokan - pembunuhan - jambret dan copet -
pengemis dan kekerasan. Hampir setiap hari ada pencurian - kekerasan -
perampokan dan pembunuhan. Lalulintas sudah sama dengan korupsi - selalu ada
di mana-mana. Kini kota mana saja - selalu ada kemacetan. Baik di Bandung di
Bogor di Salatiga di Bojonegoro selalu ada kemacetan - hanya derajat
tingkatnya berbeda. Sedang - kadang-kadang - berat dan sangat dan parah.
Buat Jakarta tingkatnya sudah parah.

Buat mengatasi kemacetan dan kurangnya pengangkutan umum di Jakarta - kini
sudah ada kendaraan yang bernama subway - bis yang berputar sekitar kota
Jakarta - berkeliling. Dengan ongkos 3000 rupiah buat dekat-jauh - asal saja
jangan turun. Kalau turun dan begitu naik - ditarik bayaran lagi 3000 rupiah
lagi. Ini kendaraan sangat murah dan praktis. Ada jalurnya sendiri. Dan
perkara penumpangnya - minta ampun! Sangat banyak - berdesakan - sebab
murahnya dan jarang mengenal macet sebab jalur khusus sengaja dibuat bisway
saja.

Di sekitar dekat rumah kami tadi malam sangat ramai. Ada perayaan yang kami
tidak tahu. Apakah ada kondangan karena hari pernikahan - apakah karena ada
sunatan - apakah karena ada perayaan hari ulangtahun? Tapi suara musik yang
keras sangat ramai. Musik dangdut dan musik bergaya melayu - maklum di
kampung - masih asli Jakarta. Biasanya tidak seramai malam tadi. Karena
kedengarannya sangat menarik - maka kami berdua Marko ingin juga melihat
dari dekat - ada apa sih.
Rupanya kedatangan kami berdua juga menarik perhatian tuanrumah yang
mengadakan pesta kondangan itu. Lalu dengan sangat ramah dan tampak
benar-benar baik dari hati yang lurus - kamipun bersedia naik dan masuk ke
rumah. Dan duduk bersama tamu lainnya. Jadi kami menjadi tamu tidak diundang
- tetapi diundang secara dadakan - datang secara mendadak karena ingin tahu.

Ada dua rombongan musik. Dangdut dan orkes-melayu. Ada bangsal besar buat
dua rombongan musik itu. Dan begitu banyak makanan kecil dan penganan
dihidangkan. Setelah saya menanyakan pesta apa dan hajat apa - tuanrumah
mengatakan bahwa dia baru kemaren dulu pulang dari naik-haji - kloter sekian
- buat daerah Jakarta. Kontan saya menyalami tuanrumah - mengucapkan selamat
- selamat kepada Pak Haji Djalil seorang pendudul Kecamatan Kebon Manggis
daerah Cibubur. Dan saya minta izin pulang sebentar saja buat mengambil
sesuatu.

"Benar ya Pak, kami tunggu - kita ngobrol nanti ya...", kata Pak Haji Djalil
- haji-baru tahun ini juga!
Dan saya mengambil sekaleng kopi merek MALONGO buatan Perancis khusus buat
ngopi pagi. Setelah saya datang lagi dan menyerahkan sekaleng kopi itu buat
Pak Hadji Djalil - bukan main dia gembira dan bersuka-citanya. Kontan Pak
Haji membukanya dan ngopi bersama. Tidak semua tamu yang "berani ngopi
malam" sebab takut nggak bisa tidur. Dan aroma kopi Malongo itu menyebar
kesekeliling rumah Pak Haji Djalil. Dan saya lihat wajah Pak Haji Djalil
yang merah sehat - gembira itu sambil menikmati kopi dari Paris yang saya
bawa. Setiap saya ke Jakarta saya selalu membawa kopi Perancis yang sangat
cocok buat saya. Tapi saya selalu menyisakan beberapa kaleng - kalau-kalau
ada orang dan teman yang sangat pengopi.

Malam itu saya juga gembira karena ada teman-baru dan teman-baru ini
betul-betul istimewa - Haji Djalil - penduduk sekamping dengan kami di
Cibubur. Semoga Tuhan selalu memberkati Hadji Djalil sekeluarga utuhnya,-

di warnet Kelapa Dua - Kampus Gunadarma,-  19 Januari 06,-