mbak Melani,

istilah cino ataw cina mah dah ada sebelon jepang masuk.
Malahan jaman sebelon THHK itu nyang umum istilah cina.

YQL
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, melani chia
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Astri benar,kemudian adu domba jg berlangsung oleh masa occupt
jepang dg mengunakan istilah "cino" or cina,namanya jg mau
menguasai,adu domba adalah cara yg paling effective,begitu sayang.

> astri rahadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:    melani chia
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:     Benar istilah "cina"diciptakan oleh
jepang tujuan:penhinaan,adu domba antara indonesia local dg chinese
indonesia

>   Assalamualaikum
>
>   mo nanggepin yg ini...Setau saya (dr buku Oei Hong Kian.
Peranakan dalam 3 budaya & Kelenteng-kelteng dan Masyarakat Tionghoa
di Jakarta), adu domba antara indonesia local dg chinese indonesia
dilakukan pertama kali oleh VOC. Hal ini dilakukan karena VOC merasa
terancam tidak dapat menguasai sumber daya Indonesia. Saat VOC
pertama kali datang ke indonesia, mereka melihat orang tionghoa
sudah sangat membaur dengan orang lokal (pribumi)...budayanya sudah
sangat menyatu (bisa dilihat dari kebudayaan indonesia yg terlihat
pengaruh kebudayaan tionghoa-nya, mis: betawi, jawa tenga dan jawa
timur). Bahkan, org2 tiongoa ini g segan2 membantu perlawanan kpd
VOC. Yg sangat ditakutkan oleh VOC, org2 tionghoa ini mempunyai
akses yg sanga kuat dlm ekonomi dan sumber daya alam Indonesia saat
itu..bahkan mempunyai hubungan erat dengan keraton (ibunya Raden
Patah adalah keturunan tiong hoa).

>   Melihat hal ini, VOC mulai melakukan program sistematis, untuk
memisahkan indonesia local dg chinese indonesia. Org2 tionghoa
dilokalisasi dalam pecinan n dibuatkan berbagai macam peraturan yg
memisahkan mereka dengan org Indonesia. Bahkan diberikan beberapa
propaganda agar mereka merasa terpisah dengan org lokal..Propaganda
tersebut sangat berhasil ditanamkan dalam benak indonesia local dg
chinese indonesia bahkan sampai saat ini...ratusan tahun setelanya..

>   itu informasi yg saya peroleh dari berbagai sumber (buku,
internet n tanya2)...klo ada yg salah saya mohon maaf. Tolong
secepatnya dikoreksi...thx b4