bp.Chan yb ,

Xian = dewa ataw org nyang mencapai Tao.
Kalu cewe biasanye disebut xian nv atawa xian gu.

Misalnye Ba Xian = 8 manusia nyang mencapai Tao ataw sering pake
istilah keren "immortal" ataw kalu di pilem nyang dibintangin ame
Sean Connery itoe disebut "HIGHLANDERS" hehehehehe

YQL

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ChanCT" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Aacchhh, rupanya orang kalau sudah menanjak usia lanjut,
perputaran otak jadi melambat juga, ya. Baru saya mengerti sekarang,
rupanya Tjoei disini tidak boleh dibaca Cui, tapi seharusnya Zui =
Mabok, sedang Sian disini = Xian = Dewi. Lho kalau Dewa bhs.
Tionghoanya apa, ya? Jadi linglung, kok. Sian=Xian biasa digunakan
untuk Dewi, yang perempuan sih. Atau didunia adat Tionghoa memang
tidak membedakan Dewa/Dewi, atau hanya mengenal Dewi saja? Ada yang
bisa memberi pencerahan?

> Yang jelas saya yang jadi benar-benar mabok laut, seperti melihat
duyung-duyung cantik saja. Heheheee, ...

> Salam,
> ChanCT

karma... tjayhe pernah salah menduga, dan sekarang tjayhe salah
diduga....

>     Memang inilah risiko pakai nama samaran; tulisan Hanzi tjayhe
juga tak bisa, makanya Tjoei Sian atawa Dewa Mabuk bisa dikira
perempuan. Tapi toh di dalam Pat Sian ada Ho Sian Ku yang adalah
seorang perempuan, yang ketika diimplementasikan dalam jurus
kedelapan dari Tjoei Pat Sian Kun juga harus ditampilkan kesan
perempuan-nya.  (Kadang, ketika Tio Kok Lo menjadi dominan, tjayhe
bisa dikira sute-nya Tan-lokay si Pengemis Kantong Sembilan, tampil
proletar).

>     Kiong Ciu,
>
>     Tjoei Sian
>
>   ChanCT <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
>     Waaahh, salah terka! Maaf Sian-heng, tidak sedikitpun
bermaksud melecehkan. Rupanya nama emal Dewa Mabuk itu yang benar.
Tapi, yang pasti saya senang berkenalan didunia maya ini dengan Sian-
heng, apalagi ternyata saya berhadapan dengan pekerja HUKUM.