Pak Irawan,

Saya sendiri juga minim pengetahuan tentang sejarah barongsai dan kiblat ttg
gerakan dan jurus2-nya. Se-ingat saya peralatan barongsai tim "Setia Buddha"
Binjai itu dulunya didatangkan dari RRT.

Dan pilar-pilarnya didatangkan dari Malaysia untuk keperluan pertandingan di
Festival Asia mendatang. Nama nomor ini adalah Barongsai Pilar.

Selain barongsai (singa) juga sering dimainkan tarian naga (liong) yang
gerakannya saya rasa sudah baku dan sederhana dgn meliuk-liuk seperti naga
layaknya.

Yang jelas, tidak mungkin bisa sebagus yang dimainkan Jet Li dalam "Once
Upon in China" ;-)

FYI, tim "Setia Buddha" adalah tim barongsai vihara Setia Buddha yang telah
berusia 120 tahun. Saya dan teman2 hanya sering membantu persiapan kalau ada
event2 penting karena pengurus vihara Setia Buddha juga merupakan penasehat
INTI Binjai.

Demikian pak sedikit info tentang barongsai "Setia Buddha" Binjai

Salam,
Min Hui