Orang seniors jaman sekarang banyak lebih sehat
----- Original Message -----
From: Han Hwie Song
To: Tionghoa-net ; Nasional-list ; K. Prawira ; Jonathan Goeij ; C.T. Chan
Sent: Friday, February 24, 2006 5:19 PM
Subject: Re: han Hwie-Song: Orang seniors jaman sekarang banyak lebih sehat.
esai

Orang seniors jaman sekarang banyak lebih sehat

Beberapa hari ini ada dibicarakan tentang kesehatan dan sampai-sampai ada
seorang kawan internet yang menulis: Jangan jadi dokter ! Jadi dokter adalah
choice terakhir manusia.

Bapak Promotheus menulis: Jangan jadi dokter", begitu ucapan sang ayah pada
anaknya di sela-sela makan malam keluarga. Si anak manggut-manggut, sambil
menyuapkan nasi dan sepotong tempe ke mulutnya.
Tadi pagi, sang ayah baru mengantarkan adiknya kembali ke seorang dokter
anak di kota. Adiknya berkeringat dingin dan menggigil setelah minum
antiobiotik yang diberikan oleh dokter tersebut sehari sebelumnya. Sang ayah
menanyakan apakah mungkin adik alergi terhadap antibiotik tersebut. Tak
disangka, dokter tersebut membentak sang ayah dengan kasar "Yang dokter itu
saya atau kamu ?!" . Karena tidak ingin membuat keributan, sang ayah pun
akhirnya meninggalkan ruang praktek dokter.
Cerita sang ayah pun berlanjut seusai makan malam. Sepanjang malam, dia
menumpahkan kekecewaan dan kekesalannya dengan apa yang dialaminya pagi
tadi. Sepanjam malam itu, tidak habisnya dia mengatakan pada si anak sulung
nya untuk tidak menjadi dokter kelak kemudian hari.

Tulisan bapak ini telah dijawab oleh bapak Dr. Irawan dan bapak John Towel,
cukup jelas dan isinya saya setuju sekali. Kedua bapak ini menulis dari sudut
sosial, psychologis, hukum dan open and to the point.

Disamping itu saya akan memberi keterangan dari sudut hasil dari pekerjaan para
dokter, dan atas pekerjaan para dokter ini manusia dapat hidup lebih sehat dan
menikmati kehidupan di dunia ini. Kalau kita membaca sejarah beberapa ratus
tahun yang lalu umur manusia hanya rata-rata 30 tahunan saja. Bacalah sejarah
banyak mucisi yang meninggal masih masa sangat mudah, ini dapat disayangkan,
karena dunia kehilangan talen-talen yang besar.

1. Dr. Irawan: Adegan2 seperti diatas memang sering dijumpai di negara2 dunia
ke-tiga. Mengapa ??? Karena society yang tidak ditunjang dengan hukum dan law
enforcement yang memadai menyebabkan arogansi mudah terjadi dari pihak yang
merasa diri lebih superior. Hal seperti diatas jarang terjadi pada negara2 yang
sudah maju. Karena perlindungan hukum dari lembaga konsumen sudah tertata
dengan baik.

2. Bapak John Towel : ---- jangan generalisasi (perbuatan satu atau a handfull
dari para dokter, lalu di generalisasi bahwa semua dokter sombong ini tambahan
saya),   ------ kekeliruannya, bahwa tidak semua dokter sombong. Kesimpulannya,
generalisasi tsb tidak benar karena faktanya tidak semua dokter sombong. Kalau
seorang anak kecil menganggap generalisasi sebagai suatu kebenaran, itu wajar,
karena pendidikan dan pengalaman hidupnya masih sangat minim. Tapi untuk
seseorang yang berpendidikan tinggi dan sudah pantas menjadi kakeknya anak
kecil tsb, sangat janggal kalau masih menerapkan generalisasi dalam
argumentasinya, untuk menangkis argumentasi lain yang menerapkan generalisasi
secara keliru.

Silahkanlah saya disini ingin menambahi berapa hal:

  1.. kejadian ini menunjukkan bahwa di negara Indonesia masih kekurangan
dokter dan mereka masih mempuyai kekuasahan. Banyak penderita yang datang pada
saya kalau saya ke Indonesia minta advis, karena tidak mengerti apa yang akan
dilakukan oleh dokter ahlinya. Saya katakan padanya:"anda punya hak untuk
bertanya dan dokter harus memberi keterangan yang jelas apa yang hendak
dikerjakan." Mereka berkata: "Ya, dia repot kalau saya terlalu banyak tanya dia
marah." Dengan pertemuan saya di Indonesia dengan para guru besar, mereka
ketawa, karena ini memang kejadian yang sering terjadi di negara ketiga.
  2.. Kalau semua orang tidak mau menjadi dokter bagaimana kesehatan anak cucu
kita kemudian. Marilah saya jawab hal ini dengan ilmu kedokteran dan hasil
penyelidikan para dokter.
Orang di negara-negara Eropa Barat dan Amerika Utara juga di Asia bisa hidup
panjang usia, mereka menjadi orang senior yang sehat. Fungsi fisik,
kesejahteraan psychis dan ingatan makin baik dibandingkan dengan puluhan tahun
yang lalu. Meskipun makanan yang belakangan ini banyak ditulis kurang sehat,
dan hawa udara yang mendapatkan pollusi gas-gas dari pabrik dan kendraan mobil,
namun toch umur manusia banyak lebih tua. Ini semua adalah hasil prevensi dan
perawatan medis di mulai dari bayi. Umumnya di Eropa pria umurnya rata-rata
delapan puluh tahun, wanita lebih tua berapa tahun dari pria. Bukankah ini
disebabkan karena kemajuan ilmu kedokteran yang di kembangkan oleh para dokter?

Banyak penyelidik mengatakan bahwa meninggal dunia dan mendapatkan sakit mundur
banyak tahun, dan mereka menjadi tua dengan sehat. Kejadian ini ada hubungannya
dengan makan yang sehat dan cara  hidup yaitu: sedikit alkohol, tidak merokok,
dan banyak bergerak.

            Salam yang hangat dan semoga hidup sehat dan bahagia,

Dr. Han Hwie-Song

Breda, 24-2-2006  Holland