Cina adalah ancaman industrialis kapitalis pasca era cold war pak, sehingga
semua gerakan melawan pemerintah yang berkuasa selalu ada yang mendanainya.
Sama seperti di Cuba dan negara2 Amerika Selatan, termasuk negara2 berkembang
seperti Indonesia dan negara2 Afrika

Bahkan negara-negara maju pun tetap mempunyai pendana gerakan-gerakan yang
mungkin disebut "kiri" atau "kanan". Sebagai contoh, kawan saya ada yang pindah
menjadi warga negara jerman ketika kami SMP dan sekarang dia sudah sekitar
16-17 tahun mengabdi menjadi polisi Jerman.

Ia mengeluh setiap kali menangkap gerakan neo nazi di Jerman, selalu saja ada
perintah dari atasannya untuk membebaskan kelompok yang tertangkap itu di kota
lain. Dan sebalnya ia, tiap kali kelompok itu tertangkap dimasukkan ke dalam
bus tahanan, mereka tampak santai seolah tau bahwa mereka akan dibebaskan di
tempat lain.

kawan saya ini keturunan Tionghoa, jadi jelas sekali mukanya bukan muka Jerman,
tapi kelompok neo nazi ini tidak berlaku rasialis terhadap kawan saya, mereka
hanya berlaku rasialis terhadap pendatang yahudi dan turki. Seolah-olah semua
sudah diatur dan kelompok itu melakukan tugasnya demi bayaran sejumlah uang..
sebab kalau dilihat mereka itu pengangguran semua tapi tetap punya uang untuk
beli bir dan makan daging

5 tahun bertugas sebagai polisi anti huru hara, ia mengajukan aplikasi ke
polisi perbatasan federal atau Bundesgrenzschuts (BGS) -- kata dia minimal
sekarang pekerjaannya tidak memuakkan seperti dulu di mana setiap kali
menangkap, selalu saja diharuskan membebaskan kunyuk2 itu di suatu tempat lain,
padahal Bundeskriminalamt (BKA) atau FBI nya Jerman punya program khusus yang
jelas untuk memerangi neo nazi.

Jadi tidak hanya Cina, hampir di semua negara, gerakan bawah tanah selalu ada
yang mendanai, tergantung untung atau tidak mendanai gerakan tersebut. Jika
tidak menguntungkan ya biaya sponsor tidak akan turun... heuehuehuehehue

Kind regards,
Ony