Yah, saya baru tahu kalau saya lupa menuliskan 1 faktor penting, faktor
reproduksi (cetak ulang).

Faktor ini erat kaitannya dengan teknologi bangunan di Tiongkok. Di
zaman dulu, belum ada kita kenal jurusan teknik arsitektur atau teknik
sipil di sekolah, apalagi pendidikan di Tiongkok hanya dipusatkan pada
pembelajaran filsafat. Jadi, tidak ada catatan literatur lengkap
mengenai teknik arsitektur Tiongkok yang tertinggal sekarang ini. Lha,
bagaimana cara para arsitek dan tukang bangunan mendesain dan mewujudkan
sebuah bangunan? Jawabannya adalah reproduksi, ada satu standar di benak
para tukang dan arsitek tadi, dan mereka membangun proyek bangunan
tradisional mereka dengan blue-print yang ada di dalam benak mereka.
Teknik ini diwariskan turun-temurun, artinya, tukang tua akan mewariskan
teknik dan keahliannya pada tukang yang muda, dan tukang yang muda akan
meneruskan teknik standar ini di masa depan. Ini namanya reproduksi,
yang sederhananya dapat dikatakan sebagai meng-kopi ulang.

Literatur tertua yang pernah ada mengenai teknik arsitektur Tiongkok
setahu saya adalah "Teknik Membangun" dari Dinasti Song, namun ini tentu
saja hanya diperuntukkan dalam proyek membangun bangunan imperial.
Bangunan rumah rakyat kecil, itu murni keahlian tukang-tukang di masyarakat.

Rinto Jiang