  From: KK Lie
  To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
  Sent: Monday, March 13, 2006 3:32 AM
  Subject: [budaya_tionghua] RUU APP = alat politik

  Menanggapi tulisan sdr Odeon Cafe dan Rm. Danardono, saya berpendapat bahwa
  sejak jaman pemerintahan Soeharto... pengalihan issue merupakan salah satu
  alat politik mereka dan tentunya utk mengalihkan perhatian masyarakan,
  mahasiswa dan lawan politik dalam upaya menguak suatu issue yang merugikan
  para penguasa saat itu.

  Saya berpendapat bahwa RUU APP merupakan alat politik utk memecah perhatian
  terhadap kasus-2 korupsi dsb...
  Isi dari RUU ini sebenarnya tidak lebih adalah "titipan" dari Ormas-2 Islam
  garis keras (maaf ya pak moderator, tdk bermaksud SARA dalam hal ini).
  Sebenarnya dari kelompok Liberal pun sudah menunjukan penolakannya (baca
  tulisan sdr Goenawan Mohammad-TEMPO).

  Maka tidaklah heran bila sdr Odeon mengatakan Turki melarang pemakaian
  jilbab di sekolah (mungkin tepatnya tdk mengharuskan kali ya ? maaf saya
  sendiri kurang tahu hal ini).
  Sejak berpuluh tahun yang lalu, di negara-2 timur tengahpun sudah ada
  kelompok garis keras, namun keberadaan mereka masih kecil dan lemah, entah
  sejak kapan (mungkin era Bin Laden kali ya) kelompok ini semakin kuat dan
  menonjol.

  Pemerintah Indonesia sendiri dalam hal ini terdiri dari kelompok garis keras
  dan liberal (entah berapa porsinya aku juga kurang jelas), namun pembuatan
  RUU APP ini yang sangat berbau POLITIK akan sangat beresiko besar, khususnya
  dalam gejolak didalam masyarakat...
  Besar kemungkinan akan banyak terjadi banyak pelecehan, pemfitnahan terhadap
  kaum wanita, bahkan bisa saja diterapkan jam malam bagi wanita, karena bisa
  dikatakan melakukan prostitusi, Atau bisa juga tiap hari ada rumah yang
  digeledah dan diperiksa KTP, KK utk menemukan pelaku kumpul kebo dsb... yang
  ujung-2nya tidak lain adalah "Pemerasan".

  Bagi pandangan saya pribadi... yang akan menjadi "korban" pemerasan terbesar
  bisa jadi adalah etnis Tionghoa, dengan dasar pemikiran etnis ini yang
  dianggap banyak uangnya...

  Berlanjut thd tulisan sdr HKSIS mengenai kewarganegaraan bagi etnis
  Tionghoa.. merupakan suatu kenyataan, kalaupun ada perubahan itu hanya utk
  segelintir kalangan saja... namun masih banyak yang menjadi "korban"
  pemerasan terselubung.
  Yang sangat memprihatinkan adalah etnis ini tidak hanya saja di Indonesia
  yang di diskriminasi, di sebagian negara barat pun etnis ini adalah termasuk
  salah satu yang tidak disukai (termasuk dalam kelompok Asian) entah karena
  apa sebabnya kurang jelas sih.
  Namun Undang-2 dinegara barat sangat membantu dalam menekan angka
  diskriminasi tsb.

  Saya pribadi berpandangan bahwa sebagian besar etnis Tionghoa Indonesia yang
  meng-invest uangnya di negara-2 seperti Singapore, Swiss dsb.. adalah
  tindakan tepat (lepas dari pelaku korupsi), karena selama Undang-2 mengenai
  diskriminasi etnis di Indonesia belum jelas... nasib orang-2 Tionghoa akan
  tetap sama sampai kapanpun juga.
  Catatan - ini hanya pendapat pribadi saja dan juga bukan karena tidak ada
  rasa nasionalis.

  Salam