----- Original Message -----
From: Lim Wiss
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 14 March, 2006 15:24
Subject: RE: [budaya_tionghua] Re: (oot) Tolak dan Revisi RUU Anti
Pornografi/Pornoaksi

> Hari ini saya tanya pendapat teman kantorku.
> Pendapat teman kantorku (mayoritas Islam) setuju dengan berlakunya UU ini.
> Dengan UU PP wanita terlindungi dari korban pemerkosaan & perzinahan.
> Saya coba debat dgn berlakunya UU PP membuat negara Indonesia menjadi
negara
> Islam. Semua wanita harus berbusana Jilbab.

------------------------------

Nah, inilah contohnya! Mendebat secara bodoh begini ini yang membuat kita
terjebak ke dalam perang agama, Lim-heng.

Kalau mereka jawab mendebat: "Apa dasarnya kamu mengatakan UU ini membuat
Indonesia menjadi negara Islam? Di pasal mana dan ayat mana dalam UU ini
dikatakan demikian? Bahkan keharusan wanita pakai jilbab pun tidak ada di UU
ini!", pasti kelimpungan kan kita untuk menjawabnya!
Apalagi kalau terus ditambah dengan: "Kamu anti pornografi kan? Kenapa tidak
setuju UU ini dengan bawa-bawa agama Islam. Memang dasarnya saja kamu itu
anti Islam!!". Atau lebih celaka lagi kalau anak-kalimat terakhir mereka
kemangkan sehingga berbunyi: "Memang dasarnya saja kamu itu Kristen anti
Islam!!", atau: "Memang dasarnya kamu itu Buddha anti Islam!!", atau:
"Memang dasarnya saja kamu itu Hindu anti Islam!!", ATAU: "Memang dasarnya
saja kamu itu Cina anti Islam!!".

Bagaimana pun kita semua anti pornografi juga. Begitu pula teman-teman
sekantor Lim-heng, terlepas dari mereka Islam atau bukan (atau Lim-heng
tidak anti pornografi?). Tetapi toh kita menolak RUU ini, karena
alasan-alasan prinsipiel dan yuridis. Namun ada cara-cara yang lebih cerdas
(dan lebih efektif!) untuk mengutarakannya.

Wasalam.