selamat sore.
  kelihatannya pembicaraan ini diluar konteks dari pembahasan yang berlaku.
  tapi saya butuh bantuan data ataupun literatur
  saya mahasiswa dari Yogyakarta sedang skripsi masalah tionghoa
  ada beberapa keterputusan sejarah yang saya alami.
  semisal saya tidak mnegetahui apakah penyebab etnik tionghoa mnegalami
migrasi besar-besaran dari daratan mneuju nusantara?
  dan apakah benar PTI sebagai partai berbasis material etnik tionghoa pernah
akan melakukan intergarasi dengan PNI soekarno dan Soekarno menolaknya?
  dimohonkan bantuanya, serta kalau bisa tolong bantu saya mnegenai literatur
apa yang kira-kira relevan mengenai etnik tionghoa ini.
  trima kasih salam hormat. dewantara