Dear sahabatku Rinto Jiang,

Saya terima peringatan Bung Rinto atas "argument tandingan"
dan "pembelaan" saya terhadap Bung Karang Terjal yang diserang
terlebih dahulu oleh Sdr. Min Hui secara membabi-buta. Kalau
kemudian, argument saya itu dianggap sebagai defamation terhadap
Sdr. Min Hui thus menyalahi aturan milis BT maka saya meminta maaf
kepada segenap kru moderator sekalian, sekalipun saya tidak akan
menarik apalagi mencabut tulisan saya mengenai Sdr. Min Hui.

Saya sangat menghargai segenap kru moderator Budaya Tionghoa. untuk
itulah saya hendak memperjelas diri saya sendiri mengenai "batasan"
tema diskusi di milis BT ini.

Sekalipun, sebenarnyalah saya hendak meluruskan beberapa point yang
ditudingkan oleh ulysee terutama tentang "korban" yang saya bungkam
di milis Kampoeng Tionghoa. sebenarnyalah, ulysee adalah satu-
satunya "korban" yang saya bungkam (untuk sementara) dikarenakan
ulysee tidak memiliki etika, pengetahuan yang memadai dalam
membantah opini sdr. Skalaras tentang Onghokham. Ulysee berpendapat
bahwa seluruh argument sdr. Skalaras adalah gosip. Tetapi sayangnya,
ulysee tidak memberi konter argumen apalagi data yang tepat untuk
membantah opini sdr. Skalaras. Karena itulah, ulysee saya moderasi.

Saya bersepakat bahwa tema LPKB tidak perlu dibahas secara khusus
lagi. Melihat memanasnya suasana milis dikarenakan terdapat member
yang masih berpandangan sempit terhadap sejarah dan cenderung tidak
proporsional memandang kejahatan LPKB.
Masalah SBKRI ada baiknya kita endapkan juga untuk sementara waktu.

Di sini, tergantung peran dan konsistensi kru moderator.

Agar tidak kena "damprat" oleh para moderator, saya ingin tanya,
apakah tema WAKIL GUBERNUR DKI JAKARTA etnis Tionghoa bisa
dibicarakan di milis ini?? Di lapangan, tema wa-gub Tionghoa ini
sedang hangat-hangatnya. Dibanding masalah SBKRI, LPKB.

Saya pribadi berpendapat bahwa tema wa-gub tionghoa ini sangat
menarik untuk didiskusikan. Karena juga menyangkut kehidupan sosial
etnis Tionghoa. tetapi kalau pihak moderator termasuk bung Rinto
Jiang memandang bahwa tema ini tidak perlu dibahas di milis BT maka
saya tidak akan mengangkat masalah ini.

Sekian dan terima kasih serta maaf sekali lagi Bung Rinto Jiang dan
kru moderator lainnya.

Sincerely yours,
Sub-Rosa II