Hi..hi.. pak moderator, saya cuma mau numpang nyeletuk aja ya...
Apakah "gontok-gontokan" di milis seperti ini adalah bagian dari "budaya
tionghoa ?"
sekali lagi mohon maaf ya.. cuma mau ikutan memberikan pandangan/pertanyaan
seputar nama milis "budaya tionghoa" atau kerennya "Chinese Culture".

Saya sempat terbawa "arus" dalam hal menanggapi pembicaraan RUU APP sampai
sempat menuliskan "agama tertentu" yang sangat tabu utk dibicarakan sih..
Namun setelah saya pikir-2 benar juga... toh masalah RUU APP,
kewarganegaraan, LPKB atau entah apa itu yang menyangkut politik, koq nggak
terdengar nyambung dengan judul milis ya...

Mungkin judul milis ini bisa lebih nyambung dengan pembicaraan seputar
kebudayaan, tarian, musik, lukisan, bahasa/peri-bahasa,makanan, tata krama,
kebiasaan/adat-istiadat, feng shui dan yang seputar hal-2 tsb lah.

Sekali lagi maaf nih buat pak moderator dan pembaca yg budiman, mungkin saya
salah dari pengamatan yang sempit ini. Berdasarkan pengalaman hidup saya
banyak dari etnis tionghoa (entah di Indonesia maupun diluar) rasa
kebangsaan/persatuan sesama etnis sepertinya kurang ya.. satu sama lain
sangat mudah saling gontok-gontokan hanya karena hal-2 kecil (mungkin salah
krn hanya dari pengamatan yang sempit).
Namun saya mau berbagi cerita ketika bekerja dgn perusahaan Korea (dinegeri
asing) dimana antara sesama korea mereka kompak, saling dukung, misal ke
dokter orang korea, ke bengkel milik orang korea, ke supermarket milik orang
korea, ke toko milik orang korea (selama barang/jasa yang dibutuhkan
dimiliki oleh orang korea dan beda harga walaupun SEDIKIT lebih mahal tidak
masalah)

beberapa orang yang saya kenal di Indonesia, bahkan ada antara saudara
kandungpun mereka lebih rela belanja dari orang lain lebih mahal harganya,
daripada ke saudara sendiri. He..he.. aneh juga sih..padahal hubungan mereka
baik-2 saja... (ini juga hanya dari pengamatan yang sempit sih)....

Nah.. saya rasa hal-2 tsb mungkin lebih mencerminkan "Budaya" Tionghoa
ketimbang yang menyangkut urusan politik, karena utk yang satu ini tidak
mengenal budaya atau etnis... entah orang tsb kulitnya merah, putih, kuning,
coklat, hitam, abu-2, hijau atau biru.... kalo bicara politik cuma ada 2
prinsip :
1. Bila menguntungkan/sejalan = KAWAN
2. bila merugikan/tdk sejalan    = LAWAN

Semoga pandangan ini bermanfaat...
Oh ya... pak moderator, ada baiknya juga penulis dihimbau utk menghapus
semua/sebagian dari tulisan-2 sebelumnya agar tdk memenuhi milis.. pusing
bacanya..

Ban-ban kamsiah