Saya mau mengoreksi sedikit keterangan Ardian-xiong. Mitos Yu Huang Da
Di muncul sekitar zaman Dinasti Han, Yu Huang Da Di muncul tak lama
setelah Lao Tze digelari Tai Shang Lao Jun dan dijadikan dewa Taoisme.
Yu Huang Da Di juga ada sebuah gelar, jadi Yu Huang Da Di adalah seorang
tokoh mitos yang digelari dan kemudian dijadikan dewa Taoisme.

Di kemudian hari, Yu Huang Da Di juga diadopsi oleh Konfusianisme dengan
gelar Hao Tian Shang Di (Kaisar Semesta). Saya sendiri kurang tahu, apa
gelar dan posisi Yu Huang Da Di dalam Buddhisme Tiongkok, yang saya
tahu, Buddhisme Tiongkok memang banyak mengadopsi dewa-dewi dalam
kepercayaan tradisional Tionghoa ke dalamnya untuk memperluas pengaruh
ajaran Buddhisme, seperti Kwan Kong yang digelari Bodhisatva Pelindung
Dhamma dan lain2.

Rinto Jiang