ZFY-heng,

apa maksudnya itu anak muda tionghoa yang tidak memahami nilai nilai
ketionghoaan?

gue lahir di jaman orba sih, di masa Suharto,
jadi kepingin tahu, apakah gue ini 'terlalu memahami' nilai
ketionghoaan
sehingga gue tidak pernah malu jadi tionghoa
dan di saat yang bersamaan dengan bangga bilang gue ini anak
Indonesia???

o iya, punya gossip apa tentang verawaty? bagi donk!
Dia mengingkari asal usulnya? emangnya dia bilang apa?

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "skala selaras" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Memang, stigmasi dan strereotype yang alamiah dari masyarakat
tidaklah
> menjadi masalah besar, malah bisa menjadi bumbu dagelan srimulat.
>
> Yang berlaku di masa Soeharto memang sebuah ketidak wajaran, sebuah
Stigmasi
> yang terencana, diiringin  dengan rintangan dan sangsi oleh penguasa
negara,
> yang sangat memojokkan orang Tionghoa. sehingga bagi anak muda
Tionghoa yang
> tak memehami nilai2 keTionghoaan, stigma ini menjadi beban
psykologis yang
> berat. menjadi tionghoa adalah sebuah aib dan dosa, mereka menjadi
malu
> sebagai orang tionghoa. lalu banyaklah anak muda ini yang mencoba
> mengingkari asal usulnya, seperti malin kundang yang mengingkari
ibunya.
> salah satu contohnya adalah sikap mantan Atlit bulutangkis kita
Verawati.